Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL MAUK DI KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG

SAFITRI, RIZKIYA APRIANI and Yusuf, Maulana and Cadith, Juliannes (2016) STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL MAUK DI KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (RIZKIYA APRIANI SAFITRI - 2016)
STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL MAUK DI KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rizkiya Apriani Safitri. NIM 6661092626. SKRIPSI. Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional Mauk Di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Maulana Yusuf, M.Si, Pembimbing II Julianes Cadith S.Sos M.Si. Pasar tradisional Mauk merupakan pasar yang memiliki potensi cukup tinggi karena letaknya yang stretegis, sehingga menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja di pasar. Persaingan dengan pasar modern, kotor, kurang nyaman, dan fasilitas minim merupakan kelemahan yang dimiliki oleh pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi PD Pasar Mauk dalam mengelola pasar tradisional Mauk di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi strategi analisis (SWOT) menurut teori Hunger. Faktorfaktor tersebut adalah Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi PD Pasar Mauk dalam pengelolaan pasar tradisional Mauk di Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang masih belum optimal. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya sarana infrastruktur penunjang dan lahan parkir dalam mengatasi kemacetan, masih kurangnya fasilitas bangunan pasar untuk menampung para pedagang yang berjualan di pinggiran jalan utama,kurangnya sosialisasi atau penyuluhan secara berkala kepada para pedagang. Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Pasar Tradisional

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Rizkiya Apriani Safitri. 6661092626. Thesis. The Traditional Market Management Strategy in the sub-district Mauk Tangerang Regency. Department of Public Administration, Faculty of Social And Political Science University of Sultan Ageng Tirtayasa 2016. Advisor I Maulana Yusuf, M.Si. Advisor II Julianes Cadith S.Sos M.Si Mauk traditional market has high a potential because of its strategic location, so that the people's choice for shopping in this market, because it is convenient that strategic, so that became the people choice for shopping in the market. The problems in this research is : the market conditions is dirty, uncomfortable and less facilities is the weakness in this traditional market. The purpose of this research is to know the company strategy market area in Mauk to manage the traditional market in the sub-district Mauk Tangerang. The method used in this research is to use the qualitative method. This research uses the theory that is based on the factors that affect the analysis strategy (SWOT) according to the hunger’s theory. These factors are the Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats. Data collection technique that is used is the interview, observation and study of the documentation. Technical analysis of data using interactive analysis techniques Miles and Huberman. The research results show that the regional company strategy Mauk Market in the management of traditional markets in the sub-district Mauk Tangerang is still less than optimal. This is due to the still lack of supporting infrastructure and parking area in addressing the traffic jams still lack of market building facilities to accommodate the merchants who sell on the edge of the main road, lack of socialization or counseling periodically to the merchants. Key Words: Strategy, Traditional Market Management
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:21
Last Modified: 01 Feb 2017 08:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item