Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SMP

YUDA SUKARYA, EKA (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SMP.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis siswa sebagai salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa pada semua jenjang pendidikan termasuk pada jenjang pendidikan menengah dan sikap siswa sebagai suatu tindakan dari pendapat atau keyakinan dari diri seseorang sebagai ungkapan yang timbul dari dalam dirinya, berhubungan dengan kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu alternatif yang dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman matematis dan sikap siswa adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan sikap siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual dengan metode penemuan terbimbing dan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Serang dengan dua kelas sebagai sampel penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap kemampuan pemahaman matematis, kesimpulan yang diperoleh adalah kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual dengan metode penemuan terbimbing tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Sedangkan pada sikap siswa, kesimpulan yang diperoleh adalah sikap siswa memperoleh pendekatan kontekstual dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa dan peningkatan sikap siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, HepsiUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 11:48
Last Modified: 16 Nov 2021 11:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item View Item