Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MINI RISET TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN SIKAP KONSERVASI PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X SMAN 4 PANDEGLANG

NUR DINI, SHABRINA (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MINI RISET TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN SIKAP KONSERVASI PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X SMAN 4 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MINI RISET TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN SIKAP KONSERVASI PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X SMAN 4 PANDEGLANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

The aim of this research is knowing the influence of mini research project based learning to analyzing ability and conservative attitude on ecosystem concept for X grade SMAN 4 Pandeglang. The research is quasi experiment with The MatchingOnly Posttest-Only Control Group Design. The population is all students of X grade MIPA SMAN 4 Pandeglang academic year 2017/2018 with X MIPA 1 as experiment class and X MIPA 6 as control class. The sampling technique is Simple Random Sampling. The data collecting technique is done with essay of analyzing ability, questionnaire of conservative attitude, and observation. The data analyzing technique is done with One Way Manova. The univariate result to the analyzing ability was 0,000 and conservative attitude was 0,354. In the multivariate test obtained was 0.000 value. The conclusion was: there was an effect on the application of mini research project based learning to analyzing ability on ecosystem concept for X grade SMAN 4 Pandeglang, there was no effect on the application of mini research project based learning to conservative attitude on ecosystem concept for X grade SMAN 4 Pandeglang, and there was a significant influence of mini research project based on learning to analyzing ability and conservation attitudes on ecosystem concept for X grade SMAN 4 Pandeglang multivariate.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukti Leksono, SurosoUNSPECIFIED
Thesis advisorEkanara, BambangUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis dan sikap konservasi pada konsep ekosistem kelas X SMAN 4 Pandeglang. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa kelas X MIPA SMAN 4 Pandeglang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian kemampuan menganalisis, angket sikap konservasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Manova. Hasil uji hipotesis secara univariat yaitu 0,000 pada kemampuan menganalisis dan 0,354 pada sikap konservasi. Pengujian secara multivariat diperoleh nilai 0,000. Dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis pada konsep ekosistem kelas X SMAN 4 Pandeglang, tidak terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek mini riset terhadap sikap konservasi pada konsep ekosistem kelas X SMAN 4 Pandeglang, dan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis proyek mini riset terhadap kemampuan menganalisis dan sikap konservasi pada konsep ekosistem kelas X SMAN 4 Pandeglang secara multivariat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 11:25
Last Modified: 16 Nov 2021 11:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7133

Actions (login required)

View Item View Item