AISYAH SARTIKA, NURUL (2018) PENGARUH PELATIHAN BERBASIS TEORI VYGOTSKY TERHADAP KOMPETENSI GURU SEBAGAI PEMBIMBING DI TAMAN KANAK-KANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH PELATIHAN BERBASIS TEORI VYGOTSKY TERHADAP KOMPETENSI GURU SEBAGAI PEMBIMBING DI TAMAN KANAK-KANAK.pdf Download (5MB) |
Abstract
Children in their development need adults who play an important role to provide scaffolding in Zone of Proximal Development (ZPD) on children's learning. One of the activities of the help that can be given to children in the form of game. Vygotsky limiting the scope of the game on role play. Kindergarten teachers have consequences to have guiding skills in developing the potential of the child’s. Improving the guidance teachers competence in kindergarten can be done with training. Through training based on Vygotsky theory, teachers are expected to be able to provide scaffolding in Zone of Proximal Development (ZPD) on children's learning, and implementation learning based on guidance in the classroom in role playing settings according to the characteristics and development of children's learning. The type of research used was a quasi experiment. Research shows that training based on Vygotsky theory has a significant effect on guidance teacher competence in kindergarten, evidenced on the results of T test with a value of significance smaller than the level of 5% (0.006<0.05) and the coefficient of determination (R ) shows of 87.2%. After getting training based on Vygotsky theory, the guidance teachers competence in kindergarten increases. Teachers pedagogic competence with score 87,5 (good category), personal competence with score 87,9 (good category), social competence with score 50 (good enough category), and professional competence with score 97,2 (very good category).
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Anak dalam perkembangan hidupnya membutuhkan orang dewasa yang berperan penting memberikan scaffolding dalam Zone of Proximal Development (ZPD) pada pembelajaran anak. Aktivitas bantuan yang dapat diberikan kepada anak dapat berupa permainan. Vygotsky membatasi lingkup permainan pada bermain peran. Guru TK memiliki konsekuensi untuk menguasai keterampilan membimbing dalam mengembangkan potensi anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai pembimbing di TK adalah dengan pelatihan. Melalui pelatihan berbasis teori Vygotsky guru diharapkan mampu memberikan scaffolding dalam zona perkembangan proksimal pada pembelajaran anak, dan menguasai pembelajaran berbasis bimbingan di kelas dalam setting bermain peran sesuai dengan karakteristik dan perkembangan belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment terhadap dua responden guru di TK Islam Tirtayasa sebagai kelompok eksperimen dan guru di TK Harapan Bangsa 1 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berbasis teori Vygotsky memberikan pengaruh signifikan terhadap kompetensi guru sebagai pembimbing di TK dibuktikan pada hasil uji t dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf 5% (0,006<0,05) dan koefisien determinasi (R ) yang diperoleh sebesar 87,2%. Setelah mendapatkan pelatihan berbasis teori Vygotsky kompetensi guru sebagai pembimbing di TK meningkat dengan skor kompetensi pedagogik sebesar 87,5 kategori baik, kepribadian 87,9 kategori baik, sosial dengan skor 50 kategori cukup baik, dan profesional dengan skor 97,2 kategori sangat baik. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2021 11:22 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2021 11:22 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7132 |
Actions (login required)
View Item |