Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK

NURLAELI, SITI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mathematical logical intelligence is the ability to think scientifically to understand a concept and understanding of numbers and numbers, understanding patterns, using reasoning systematically, and being able to think logically. This study aims to determine the effect of the application of the cooperative learning model type make a match on the mathematical logic intelligence of children aged 5-6 years. The study was conducted on group B in an integrated Islamic kindergarten Nur El-Qolam Serang City-Banten. The method used in this study is a quasiexperimental research with nonequivalent control group desaign, design with a sample of 38 children, group B Mawar with a sample of 19 children as an experimental class and group B Jasmine with a sample of 19 children as a control class. The instrument used in this study was an observation guide with data analysis using the SPSS 22 program. The results showed that the average children's mathematical logic intelligence in the experimental class at the pre-test was 27.53 while the average control class was 27.89. Meanwhile the post-test results in the experimental class averaged to 33.00, and the average control class became 28.58, the difference for the experimental class was 5.57%, while for the control class was 0.69%. This shows that there is an influence of the implementation of cooperative learning model type make a match on the mathematical intelligence of children aged 5-6 years. So it can be concluded that the cooperative learning model type make a match can influence the intelligence of mathematical logic of children aged 5-6 years in integrated Islamic kindergarten Nur El-Qolam Serang City-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Kecerdasan logika matematika merupakan kemampuan berpikir secara ilmiah untuk memahami suatu konsep dan pemahaman tentang angka-angka dan bilangan, pemahaman tentang pola, menggunakan penalaran secara sistematis, serta mampu berpikir secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan pada kelompok B di TK IT Nur El-Qolam Kota Serang-Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desaign dengan sampel 38 anak, kelompok B Mawar dengan sampel 19 anak sebagai kelas eksperimen dan kelompok B Melati dengan sampel 19 anak sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dengan analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan logika matematika anak kelas eksperimen saat pre-test sebesar 27,53 sedangkan untuk kelas kontrol rata-ratanya sebesar 27,89. Sementara itu hasil post-test pada kelas eksperimen rata-ratanya menjadi 33,00, dan kelas kontrol rata-ratanya menjadi 28,58, selisishnya untuk kelas eksperimen sebesar 5,57%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,69%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat mempengaruhi kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TKIT Nur El-Qolam Kota Serang- Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 10:27
Last Modified: 16 Nov 2021 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

View Item View Item