Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SAINTIFIK MELALUI PEMANFAATAN ZINGIBERACEAE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

SUSANTI, EVI (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SAINTIFIK MELALUI PEMANFAATAN ZINGIBERACEAE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SAINTIFIK MELALUI PEMANFAATAN ZINGIBERACEAE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan modul pembelajaran keanekaragaman hayati berbasis kontekstual saintifik melalui pemanfaatan Zingiberaceae terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) lanjutan pada tahap uji coba skala terbatas serta revisi produk. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 SMAN 1 Petir tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor, lembar angket respon siswa serta didukung oleh jurnal reflektif, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 94.44% siswa tuntas pada ran/h kognitif, 61.11% siswa tuntas pada ranah afektif, dan 72.22% siswa pada ranah psikomotor. Berdasarkan hasil angket respon siswa setelah menggunakan modul berbasis kontekstual saintifik bahwa 36.11% siswa menyatakan sangat layak, dan 63.89% siswa menyatakan layak. Maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis kontekstual saintifik yang dikembangkan efektif dan layak digunakan untuk diterapkan pada proses pembelajaran sebagai bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukti Leksono, SurosoUNSPECIFIED
Thesis advisorMarianingsih, PipitUNSPECIFIED
Additional Information: This study aimed to determine the effectiveness of the application of scientific contextual learning biodiversity modules through the use of Zingiberaceae towards student learning outcomes. This research is a part of Research and Development (R & D) research on the limited scale trial stage and product revision. The sample of this study was class X MIPA 4 Senior High School 1 Petir on academic year 2018/2019. The sampling technique was done by simple random sampling. Data collection techniques used multiple choice tests, affective assessment sheets, psychomotor assessment sheets, student response questionnaire sheets and supported by reflective journals and observation sheets. Based on the results showed 94.44% of students completed the cognitive domain, 61.11 % of students completed in the affective domain, and 72.22% of students completed in the psychomotor domain. Furthermore, based on student response questionnaire showed 36.11% of students stated the module was very feasible, and 63.89% of students stated it was feasible. It concluded that scientific contextual based learning modules that are developed effective and feasible to be applied as teaching materials on biodiversity concept.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 10:31
Last Modified: 16 Nov 2021 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7086

Actions (login required)

View Item View Item