OETARI, FENI (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SUB KONSEP PTERIDOPHYTA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SUB KONSEP PTERIDOPHYTA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada sub konsep Pteridophyta. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahap develop skala terbatas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pandeglang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini yaitu X-MIA 1 berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda, angket respon siswa, jurnal reflektif guru, dan lembar observasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 75,86% siswa tuntas pada ranah kognitif. Berdasarkan respon siswa pada LKS diketahui bahwa sebanyak 34,48% siswa menyatakan sangat layak, 65,52% siswa menyatakan layak. Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada sub konsep Pteridophyta efektif dan layak sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aimed to know the effectiveness of the application student’s worksheet contextual-based on the sub concept of Pteridophyta. The method of this research was research and development (R&D) in develop stage of limited scale. The population was all students of class X SMAN 2 Pandeglang academic year 2017/2018. The sample was X-MIA 1 with total of 29 students. Techniques of sampel collection was simple random sampling. Techniques of data collection used objective test in the form of multiple choice, questionnaire of students respond, teacher reflective journals, and observational learning sheet. The result showed that 75,86% of student complete in the cognitive domain. The result of students respone to student’s worksheet showed that 34,48% of student stated very feasible, 65,52% student stated feasible. It concluded that student’s worksheet contextual-based on the sub concept of Pteridophyta effective and feasible as teaching materials in learning process. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2021 10:29 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2021 10:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7085 |
Actions (login required)
View Item |