Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL PADA SISWA SMP

ALAWIYAH, TUTI (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERBASIS KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL PADA SISWA SMP.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis, serta kondisi akhlak/moral generasi muda yang akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning, sedangkan untuk meningkatkan nilai karakter dan budaya lokal pada siswa salah satunya dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis karakter dan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis serta sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning berbasis karakter dan budaya lokal. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain Non-equivalen control group desain. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu intrumen tes dan non tes. Instrument tes yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis sedangkan instrument non tes yang digunakan berupa angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunaka Problem Based Learning, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil dua sampel secara Random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis lebih tinggi dari siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan ekpositori, serta pendekatan Problem Based Learning mendapatkan respon positif dari siswa kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, HepsiUNSPECIFIED
Thesis advisorAnwar, CecepUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the lack of mathematical reflective thinking ability, and the moral / moral condition of the younger generation which is very worrying lately. One of the solutions to improve mathematical reflective thinking ability is to use the Problem Based Learning approach, while to improve the value of local character and culture in students one of them is by using student worksheets (LKPD) based on local characters and culture. This study aims to determine the final achievement and improvement of mathematical reflective thinking skills and students' attitudes towards learning by using Problem Based Learning based on character and local culture. This research was conducted in one of the State Junior High Schools in Serang City in 2018/2019 with the quasi- experimental research method and Non-equivalen control group desain.. This study took two samples by Random sampling consisting of the experimental class and the control class. In the results of the study, obtained the final achievement and improvement of mathematical reflective thinking abilities higher than students who get learning with an expository approach, and the Problem Based Learning approach get a positive response from students of the experimental class.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 10:27
Last Modified: 16 Nov 2021 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7084

Actions (login required)

View Item View Item