Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Quasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 7 Kota Serang)

Nur Anisa, Fitri (2019) EFEKTIVITAS MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Quasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 7 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
EFEKTIVITAS MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Belajar merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan perubahan dan mengembangkan potensinya, usaha sadar yang di lakukan oleh seseorang ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk menjadi lebih baik. Dalam penelitian ini siswa masih banyak mengalami kesukaran dan ketidaktertarikan terhadap belajar sehingga hasil belajar siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum dikarnakan pembelajaran yang diterapkan kurang menarik perhatian siswa. Dengan demikian perlu adanya alternatif media untuk menarik perhatian siswa sehingga materi akan tersampaikan dengan baik kepada siswa dan melatih siswa untuk lebih mudah berdiskusi mengenai materi yang akan di ajarkan, salah satunya yaitu dengan menggunakan media monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas media monopoly terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design Pre-test - Post-test. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Pada penelitian ini kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran monopoly dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan tidak menerapkan media pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Berdasarkan pengolahan data post-test diperoleh hasil uji beda kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel diperoleh thitung = 5,67 nilai ttabel = 1,76 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran monopoly terdapat perbedaan dan lebih baik dari siswa yang tidak menerapkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorSugiana F, DinarUNSPECIFIED
Additional Information: Learning is an effort aware of is done by to make changes and develop potential, conscious effort to do by this person have a very important role in develop of human resources to be better. In this research there are still many students difficult for experience and disinterest in learn so that result student learning does not meet the minimum complete criteria because of learning are applied not interesting students attention. Therefore need for alternative media to interesting students attention so the material will be conveyed well to students and train students to discuss more easily regarding the material to be taught, one of them using monopoly media. This research purpose to know and analyze the effectiveness of monopoly media to improving the result student learning on subjects Pancasila And Civic Education class X Senior High School. The research method used is quasi experiment with research design nonequivalent control group design Pre-test - Post-test. The sampling technique used is Random Sampling. In research this class X MIPA 1 as an experimental class use monopoly learning media and class X MIPA 2 as a control class with not applying learning media. The result of the study were obtained from inferential to the hypothesis. Based on the processing of post test data obtained the results of different tests of the two classes at a significant level = 0.05 obtained tcount > ttabel obtained tcount = 5,67 value ttabel = 1,76 so that tcount > ttabel which means H0 rejected so concluded that the result student learning who use learning monopoly media there are differences and better than students who do not apply learning media.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 10:17
Last Modified: 16 Nov 2021 10:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item