Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI BURNOUT BELAJAR SISWA (Pra Eksperimen Terhadap Kelas XI IPA di SMAN 7 Kota Serang)

Hidayat, Andri (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI BURNOUT BELAJAR SISWA (Pra Eksperimen Terhadap Kelas XI IPA di SMAN 7 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI BURNOUT BELAJAR SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

Burnout belajar merupakan kondisi emosional ketika seseorang siswa merasa lelah dan jenuh secara mental maupun fisik sebagai akibat tuntutan pekerjaan akademik yang meningkat. Melihat fenomena permasalahan mengenai burnout belajar tersebut siswa yang mengalami burnout belajar mendapatkan upaya penanganan dan pengentasan yaitu dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pre-post test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 7 Kota Serang berjumlah 45 siswa dan sampel sebanyak 8 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen burnout belajar siswa dengan skala Likert. Hasil pengujian statistik yang telah dilakukan setelah pemberian treatment dengan uji t-test menunjukkan nilai t hitung sebesar 21,125. Dengan tingkat sig. (2-tailed) = 0,000 dengan df = N-1 = 8-1 = 7, sehingga nilai t tabel = 2,364 pada taraf signifikansi [α = 0,05]. Hasil perhitungan menunjukkan thitung ≥ dari ttabel yaitu -21,125 ≥ 2,364. Dengan demikian dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima artinya teknik self management efektif untuk menurunkan burnout belajar siswa kelas XI IPA SMAN 7 Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAfiati, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Nurmala, MeillaUNSPECIFIED
Additional Information: Burnout learning is an emotional condition when a student feels tired and saturated mentally and physically as a result of the demands of increased academic work. Seeing the phenomenon of problems regarding burnout learning, students who experience burnout learn to get an effort to handle and alleviate that is by group guidance services with self management techniques. This study uses a pre-experimental method with the design of one group pre-post test design. The research population was 45 students of class XI IPA of SMAN 7 Kota Serang and a sample of 8 students was selected by purposive sampling technique. Data collection techniques using student learning burnout instruments with a Likert scale. The results of statistical tests that have been carried out after administering the treatment with the t-test show the value of t count of 21.125. With sig level. (2-tailed) = 0,000 with df = N-1 = 8-1 = 7, so the value of t table = 2.364 at the significance level [α = 0.05]. The calculation results show t count ≥ from t table which is -21.125 ≥ 2.364. Thus, Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the self management technique is effective to reduce the learning burnout of class XI IPA students of SMAN 7 Serang City.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 10:11
Last Modified: 16 Nov 2021 10:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7078

Actions (login required)

View Item View Item