Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA SUBKONSEP TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG

WAHYUNI, LENA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA SUBKONSEP TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA SUBKONSEP TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This research aimed to observe the influence of guided inquiry learning model through the utilization of school environment toward student scientific literacy on biodiversity subconcept material. This research was a quasi-experimental research that used randomized control group, pretest-posttest design. The population in this research were all students of X MIPA grade SMAN 6 Kota Serang academic year 2017/2018. The sampling technique used simple random sampling. Class X MIPA 5 as experiment class and class X MIPA 4 as control class. The result of scientific litercy was analyzed used t test on significant level α = 0,05, significance value result was (0,000) < 0,05 H0 rejected for competence science and significance value result was (0,004) < 0,05 H0 rejected for attitude science. Therefore it can be conclude that there was influence of guided inquiry learning model through the utilization of school enviroment toward student scientific literacy on biodiversity subconcept material.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAmelia, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, IndriaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap literasi sains siswa pada subkonsep tingkat keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group, pretestposttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 6 Kota Serang tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu simple random sampling. Kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil literasi sains dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh nilai (0,000) < 0,05 H0 ditolak untuk kompetensi sains dan sikap sains memperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05 H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap literasi sains siswa pada subkonsep tingkat keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 6 Kota Serang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 09:22
Last Modified: 16 Nov 2021 09:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item