Gumelar, Rangga Galura and Ahmad, Ikhsan and Mukhroman, Iman (2021) Pengaruh transaksional elit politik terhadap model komunikasi politik pilwalkot Serang 2018. Jurnal Kajian Komunikasi FIKOM UNPAD, 9 (1). pp. 94-107. ISSN ISSN 2303-2006 (Printed), ISSN 2477-5606 (Online)
Text
Jurnal Sinta 2 JKK Unpad 2021.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text
Jurnal Sinta 2 JKK Unpad 2021.pdf Download (350kB) |
Abstract
ABSTRAKTransformasi sistem sentralistik menjadi disentralistik adalah hasil perjuangan reformasi yang berdampak sangat besar bagi perubahan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia. Ruang demokrasi lokal kemudian menjadi menarik untuk diikuti karena dinamika kontestasi politiknya semakin hidup melalui jalur partai politik tetapi juga menciptakan model kepemimpinan transaksional. Kekuatan modal telah berperan di setiap tahapan proses kontestasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh transaksional elit politik terhadap model komunikasi politik dalam Pilwalkot Serang tahun 2018, dimana fokus perhatian pada penelitian ini tentunya melihat bagaimana proses demokrasi ini terbebas dari praktek-praktek transaksional yang dapat berpengaruh pada arah penurunan substansial demokrasi itu sendiri. Pendekatan penelitian ini menggunakan perspektif post-positivistik menggabungkan pada pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang mengolah data berdarsarkan pada jumlah sampel yang telah ditentukan pada populasi yang ada. Analisis data dari hasil angket yang disebarluaskan pada sampel kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan path analisis menjelaskan Komunikasi Politik merupakan faktor yang cukup penting dan memiliki peran yang signifikan Sedangkan ideologi partai politik memberikan gambaran yang sangat signifikan. Artinya ketika ideologi partai bersumber pada finansial, maka semuanya akan tergantung pada janji dan nilai transaksi politik yang diandalkan. Hasil Penelitian menunjukkan korelasi antara Komunikasi politik uang terhadap transaksional politik terbilang cukup kuat, artinya komunikasi Politik memiliki korelasi yang cukup tinggi terhadap transaksional politik. Demikian pula Korelasi Ideologi terhadap transaksional politik adalah kuat artinya parpol tidak memiliki kekuatan dan idealisme ketika berbenturan dengan dana atau kekuatan finansial. Sedangkan korelasi antara Komunikasi Politik, Ideologi, terhadap Transaksional Politik adalah kuat, artinya kekuatan transaksional yang dilakukan oleh para elit sudah sangat masif dan memiliki peran yang sangat kuat. Kata-kata Kunci: Transaksional elit politik; model komunikasi; komunikasi politik; ideologi; pilwalkot SerangThe influence of political elite transaction to the political communication model of mayor election of Serang 2018ABSTRACTCentralistic system transformation become decentralized is the result of Reformation that had a large impact for governmental system change in Indonesia. Local democracy space then become interesting to followed because the dynamic of political contestation is more alive through the path of political party but also had created a transactional leadership model. Capital strength has involved in every step of contestation process. The purpose of this study is to see how the transactional influence of political elites on the political communication model in the 2018 Serang City Mayor Election, where is our goal in this research is to see how this democratic process is free from transactional practices that can affect the direction of a substantial decline in democracy itself. The research approach used post- positivistic perspective that combined the quantitative and qualitative approach for data processing based on few samples that had determined in existing population. The data analysis from questionnaire that has been disseminated on sample then analyzed with analyzing path to describe political communication is important factor and has a significant role while political party ideology has given a significant clear image. That means when ideology of political party sourced on financial, then everything would depend on promises and reliable value of political transaction. The result of study shows correlation between money politics communication to political transaction is quite strong, which mean political communication has a quite high correlation with political transaction. On the other hand, the correlation between ideology and political transaction is strong on number. That means political party did not have power and idealism when facing fund or financial strength. Meanwhile the correlation between political communication, Ideology, with political transactional are strong, it means that transactional power which played by the elites is massive and has a strong role.Keywords: Transactional of political elite; communication model; politic communication; ideology; mayor election
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Communication > Communication (General) | ||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Iman Mukhroman | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2021 10:59 | ||||||
Last Modified: | 12 Oct 2022 19:03 | ||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7029 |
Actions (login required)
View Item |