Nisa, Indah Khoirun and Syamsuri, Syamsuri and Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos (2021) Analisis Pembelajaran Aktif dalam Kelas Daring Matematika SMP pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Auster-Wylie. WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2 (3). pp. 166-177. ISSN 2774-9304
Text
12503-33443-1-PB.pdf - Published Version Download (408kB) |
Abstract
Pembelajaran aktif merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif pada intelektual dan emosional dalam proses pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi dan mengembangkan keterampilan berpikir siswa. Faktor-faktor penghambat penerapan pembelajaran aktif diantaranya adalah kurangnya pemahaman guru tentang konsep pedagogi pembelajaran aktif, kurangnya pelatihan mengenai pembelajaran aktif, dan tidak adanya penyediaan media pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran aktif pada pembelajaran matematika materi pola bilangan berdasarkan dimensi pengaturan konteks, persiapan kelas, penyampaian kelas dan perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian yang melibatkan 2 guru matematika di SMPN 1 Cilegon. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif berdasarkan dimensi pengaturan konteks, persiapan kelas, penyampaian kelas dan perbaikan berkelanjutan belum maksimal diterapkan. Indikator pertanyaan panduan, mengelola keterlibatan siswa secara efektif, mengenali perbedaan tingkat kenyamanan siswa dan adanya umpan balik merupakan salah satu masalah guru dalam penerapan pembelajaran aktif di kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dr. Syamsuri Syamsuri |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 11:20 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 11:20 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7022 |
Actions (login required)
View Item |