Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

SURIFAH, JAMILATUS (2018) PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Ex-post Factodi KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon Banten).PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

This study aims to examine and obtain data empirically about the influence of methods of habituation to the formation of responsibility attitude of children aged 4-5 years. This research was conducted in KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon-Banten in January-May 2018. The method used in this research is quantitative research with Ex-post Facto research design. The population in this study were 84 pairs of X and Y. The sample used was 69 pairs of X and Y. The data was collected using questionnaire instrument and observation instrument. The questionnaire instrument is used to measure the variable of habituation method and the variable forming of responsibility attitude of the child. And supported by the observation instrument to measure the variable formation of responsibility attitude. The data were analyzed using Kolmogorov Smirnov normality test, simple linear regression test using regression coefficient, determination coefficient and hypothesis test. Based on the results of normality calculations on both variables are variable methods of habituation and variable formation of responsibility attitude of children obtained results of 0.200> 0.05, it can be concluded that the two data variables in this study normal distribution. Result of calculation of simple linear regression obtained Ŷ= 2,753 + 0,948X, hence can be concluded that variable of method of habituation have positive influence to forming of responsibility attitude of child and based on coefficient of determination value that method of habituation give influence equal to 86,6% to formation of child responsibility attitude. Hypothesis testing is done by t test with result t count 20,852 > t table 1,996. Thus it can be concluded that there is influence of methods of habituation to the formation of responsibility attitude of children aged 4-5 years.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidah, LailyUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapat data secara empiris tentang pengaruh metode pembiasaan terhadap pembentukan sikap tanggung jawab anak usia 4-5 tahun. penelitian ini dilaksanakan di KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon-Banten pada Januari-Mei 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 pasangan X dan Y. Sampel yang digunakan sebanyak 69 pasangan X dan Y. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen angket dan instrumen observasi. Instrumen angket digunakan untuk mengukur variabel metode pembiasaan dan variabel pembentukan sikap tanggung jawab anak.Dan didukung dengan instrumen observasi untuk mengukur variabel pembentukan sikap tanggung jawab.Data yang dianalisis menggunakan pengujian normalitas Kolmogorov Smirnov, uji regresi linier sederhana dengan menggunakan koefisien regresi, koefisien determinasi dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan normalitas pada kedua variabel yaitu variabel metode pembiasaan dan variabel pembentukan sikap tanggung jawab anak didapat hasil sebesar 0,200 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel data pada penelitian ini berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh Ŷ= 2,753 + 0,948X, maka dapat disimpulkan bahawa variabel metode pembiasaan mempunyai pengaruh positif terhadap pembentukan sikap tanggung jawab anak dan berdasarkan nilai koefesien determinasi bahwa metode pembiasaan memberikan pengaruh sebesar 86,6% terhadap pembentukan sikap tanggung jawab anak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dengan hasil t hitung 20,852 > t tabel 1,996. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembiasaan terhadap pembentukan sikap tanggung jawab anak usia 4-5 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 15:32
Last Modified: 15 Nov 2021 15:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item