Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z

Fadhilah, Fadhilah and Saputra, Galih Ginanjar (2021) Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 17 (3). pp. 505-512. ISSN pISSN: 0216-7786 - eISSN: 2528-1097

[img] Text
Pengaruh Content Marketing dan E-WoM pada Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang sangat berpengaruh dalam proses keputusan pembelian pada konsumen, khususnya bagi para konsumen muda. Terlebih lagi pada era pandemi Covid-19 saat ini, berbagai kebijakan yang diterapkan pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus sangat memicu perubahan masyarakat dalam menggunakan internet. Salah satu media sosial yang sedang populer di masa pandemi ini yaitu Tiktok, dimana sebagian besar penggunanya adalah remaja atau generasi Z. Perkembangan ini menjadikan banyak perusahaan mulai melirik Tiktok sebagai platform untuk alat pemasarannya namun tentunya para pelaku bisnis harus mengetahui karakteristik dari Tiktok dan juga para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Content Marketingdan E-WoM pada media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan Content Marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Sumbangan Efektif (SE) yaitu sebesar 19,71% dan Sumbangan Relatif (SR) yaitu sebesar 50,40%, E-WoM berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Sumbangan Efektif (SE) yaitu sebesar 19,36% dan Sumbangan Relatif (SR) yaitu sebesar 49,51%, secara simultan Content Marketingdan E-WoMpada media sosial Tiktok berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Generasi Z dengan besarnya pengaruh yaitu sebesar 39,1%. Kata Kunci: Content marketing; electronic word of mouth; keputusan pembelian; generasi z

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorFadhilah, Fadhilah199202042019032025
AuthorSaputra, Galih Ginanjar198608012019031013
Uncontrolled Keywords: Content marketing; electronic word of mouth; keputusan pembelian; generasi z
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Diploma III Marketing
Depositing User: Galih Ginanjar Saputra
Date Deposited: 15 Nov 2021 16:03
Last Modified: 15 Nov 2021 16:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item