Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MALEO BINTARO TANGERANG SELATAN

HIKMAH SARI, DINI (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MALEO BINTARO TANGERANG SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MALEO BINTARO TANGERANG SELATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aims to know and describe the influence of learning method and learing interst towards the result of learning process at the packet C equality program in PKBM Maleo Tangerang Selatan. The method used in this research is quasi experimental research method with quantitative descriptive approach. Data collection techniques used observation test techniques and questionaire. Analytical techniques using data collection techniques. Data from this research is in the form of direct observation result, value of test result and the questionaire of class 11 student of packet C equality program PKBM Maleo Tangerang Selatan. Sources of data in this study are students of class 11 packet C equality program PKBM Maleo Tangerang Selatan. Based on the result of analysis it is known that there is influence between cooperative learning method and learning interest to the result of learning process, proved t-count value greater than t-table value (5,247> 1,724). Comparison of posttest average score of students' in control and experimental class and t test results on posttest grade of control class and experimental class using cooperative learning model. The mean value of control class posttest using conventional learning model (lecture) was 48.50. The mean value of the experimental class posttest is 67.00. So, there was an differences of 18.50.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, IrwanUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devisions (STAD) dan minat belajar bahasa indonesia terhadap hasil belajar program kesetaraan paket C di PKBM Maleo Bintaro Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes serta angket. Teknik analisis menggunakan teknik pengumpulan data. Data dari penelitian ini adalah berupa hasil pengamatan langsung dan nilai hasil tes serta angket peserta didik kelas 11 di PKBM Maleo Bintaro Tangerang Selatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 di PKBM Maleo Bintaro Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran STAD dan minat belajar terhadap hasil belajar, terbukti nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (5,247 > 1,724). Perbandingan nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol dan eksperimen serta hasil uji t yang dilakukan terhadap nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STAD. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) sebesar 48,50. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 67,00. Jadi, terjadi perbedaan sebesar 18,50.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 15:16
Last Modified: 15 Nov 2021 15:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item