Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Kurniawati, Gita (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Discipline is a condition that is created and formed through a process of a series of behaviors that show the values of obedience, loyalty, and order. This study aims to determine the effect of role playing learning methods on the discipline of children aged 5-6 years. This research was carried out groups B in TKIT Raudhatul Jannah Cibeber District, Cilegon City - Banten. The method used in this study is quasi experimental research with nonequivalent control groups design with a sample of 48 children. Group B2 with a sample of 24 children as an experimental class and B3 group with a sample of 24 children as a control class. The instrument used in this study was an observation guide with data analysis using the SPSS 22 program. The results showed that the level of discipline of children in the control class at pre-test was 38,42 while the experimental class was 42,92. And the average ability of the control class decreased post-test by 39,58 while the experimental class increased by 51,41. This shows that there is an effect of role playing learning methods on the discipline of children aged 5-6 years and the influence of the amount of 23%. So it can be concluded that the method of learning plays well can affect the discipline of children aged 5-6 years at TKIT Raudhatul Jannah Cibeber District, Cilegon, Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, CucuUNSPECIFIED
Thesis advisorTricahyani, TricahyaniUNSPECIFIED
Additional Information: Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di kelompok B TKIT Raudhatul Jannah Kecamatan Cibeber Kota Cilegon – Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control groups design dengan sampel 48 anak. Kelompok B2 dengan sampel 24 anak sebagai kelas eksperimen dan kelompok B3 dengan sampel 24 anak sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dengan analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bawa rata-rata tingkat kedisiplinan anak kelas kontrol saat pre-test sebesar 38,42 sementara kelas eskperimen sebesar 42,92. Dan rata-rata kemampuan kelas kontrol naik saat post-test sebesar 39,58 sementara kelas eksperimen meningkat sebesar 51,41. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun dan pengaruh besarnya 23%. Maka dapat disimpulkan bawa metode pembelajaran bermain peran dapat mempengaruhi kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TKIT Raudhatul Jannah Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 14:58
Last Modified: 15 Nov 2021 14:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item View Item