Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK

Novianti, Riska (2018) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK (Penelitian Eksperimen Anak Usia 4-5 Tahun Pada Lembaga PAUD di Kecamatan Koroncong Pandeglang-Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Speaking is a form of language that uses articulation or words used to convey a purpose. Since speaking is the most effective form of communication, its use is the most extensive and most important in every age stage. The purpose of this research is to see how far the influence of singing method on improving speech skill in children in PAUD Delima Pandeglang-Banten which serve as experiment class. This research is using experimental method. In this study the researchers used pretest tests to determine the extent of talking skills of children aged 4-5 years. Then also given a final test (posttest ) where the results of this posttest used as material for testing the hypothesis. This research was conducted in two schools namely PAUD Delima as experiment class and Anggrek early childhood as control class, Koroncong District, Pandeglang Regency, Banten Province. Researchers choose this institution because the two institutions have not been maximal in applying the model of learning to sing to improve the skills of students talk. Methods Analysis of this research data is using SPSS program assistance. The results showed that there were significant differences between the two classes. This is indicated by the acquisition value of t count <t table (2,635 <0,533 ) and sig value <0,05 (0,014 <0,05 ), then H0 is rejected. So it was concluded that there was a significant difference between the experimental classes that applied the singing method and the control class that did not apply the method. This can be seen from the calculation of the average value of 58.21 posttest for the experimental class and the average value of 52.43 posttest control class.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidah, LailyUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Berbicara merupakan suatu bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata- kata yang digunakan untuk menyampaikan suatu maksud. Karena berbicara merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif, penggunaannya paling luas dan paling penting dalam setiap tahapan usia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan keterampilan berbicara pada anak di PAUD Delima Pandeglang-Banten yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes awal (pretest )untuk mengetahui sejauh mana keterampilan berbicara anak kelompok usia 4-5 tahun. Kemudian diberikan pula tes akhir (posttest )dimana hasil dari posttest ini dijadikan bahan untuk pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu di PAUD Delima sebagai kelas eksperimen dan PAUD Anggrek sebagai kelas kontrol, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Peneliti memilih lembaga ini karena dua lembaga tersebut belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran bernyanyi untuk meningkatkan keterampilan bicara peserta didiknya. Metode Analisis data penelitian ini yaitu menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai t hitung < t tabel (2,635 < 0,533 ) dan nilai sig < 0,05 (0,014 < 0,05), maka H0 ditolak. Jadi disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan metode bernyanyi dan kelas kontrol yang tidak menerapkan metode tersebut. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan nilai rata-rata 58,21 posttest untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 52,43 posttest dikelas kontrol.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 14:43
Last Modified: 15 Nov 2021 14:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item