Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN L-MEN (Analisis Semiotik Roland Barthes pada iklan L-Men Versi Kenny Auzti)

Nahdar, Bagas Agung and Jaiz, Muhammad and Nurjuman, Husnan (2016) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN L-MEN (Analisis Semiotik Roland Barthes pada iklan L-Men Versi Kenny Auzti). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Bagas Agung Nahdar - 2016)
REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN L-MEN - Copy.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bagas Agung Nahdar. NIM. 6662110710. Skripsi. Representasi Maskulinitas Dalam Iklan L-Men (Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan L-Men Versi Kenny Auztin) Berkembangnya industri dan komersialisasi terhadap iklan di Indonesia memberi dampak pada produksi iklan yang kadang sengaja mengkesampingkan etika beriklan. Dalam iklan berbau gender, penyebaran feminitas telah lama dilakukan. Dalam perkembangannya, nilai maskulinitas merupakan nilai yang kini marak diangkat menjadi ide sebuah iklan. Media telah berperan aktif dalam mengekspresikan langsung realitas social tentang laki-laki. Maskulinitas juga dirasa memiliki kelebihan untuk menaikan penjualan suatu produk.Pada penelitian ini, paradigma yang digunakan penulis mengacu pada paradigma konstruktivisme, paradigma ini memandang realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, tetapi terbentuk dari hasil konstruksi. Paradigma konstruktivisme dapat menentukan bagaimana peristiwa atau realitas tersebut dikonstrusi, dengan cara apa konstruksi itu dibentuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Dan pada akhirnya nilai maskulinitas akan terus berkembang seiring perkembangan zaman seperti yang diungkapkan oleh Beynon diatas. Mitos maskulinitas yang terjadi pada saat ini adalah terjadinya pergeseran maskulinitas tradisional (tahun 80-an), menjadi maskulinitas yang baru atau metroseksual (tahun 2000-an) yang tidak hanya mementingkan kekuatan, bertenaga, dan bernyali namun juga memperhatikan penampilan, kebersihan tubuhnya. Representasi maskulinitas dalam iklan L-Men versi Kenny Auztin ini menggambarkan maskulinitas seperti yang ada ditengah masyarakat sekarang yang menitik beratkan maskulinitas pada kekuatan otot, tubuh yang atletis namun dibalut dengan penampilan yang baik dan bersih.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Bagas Agung Nahdar. NIM. 6662110710. Paper.Representation of Masculinity In Ads L -Men ( semiotic analysis of Roland Barthes In Ad L -Men Version Kenny Auztin ). The development and commercialization of the advertising industry in Indonesia have an impact on the production of advertising that sometimes pushed the advertising ethics. In the ad smelled gender, femininity deployment has been done. On progress,masculinity value is the value that is now rampant appointed as an advertising idea. Media has been active in expressing their immediate social reality about men. Masculinity is also considered to have the advantage to increase sales of a product. In this study , the authors used the paradigm referring to constructivism, this paradigm of looking at the reality of social life is not a reality that is natural ,But formed as a result of reconstruction. Constructivism can Determine how the events or the reality of deconstruction, in what way the construction is formed. The method used in this research is qualitative method with descriptive research type. And ultimately masculinity values will continue to evolve the times as expressed by Beynon above. The myth of masculinity that occur at this time is to shift the traditional masculinity ( 80s ), into a new masculinity or metrosexual ( 2000s ) that would benefit not only the power ,powered, and courageous but also concerned about the appearance , cleanliness of his body. The representation of masculinity in advertising L -Men version Auztin Kenny describes masculinity as it exists in the community now that focuses on muscle strengthmasculinity athletic body but wrapped with good appearance and clean.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:06
Last Modified: 17 Jan 2017 08:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item