Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING DIIRINGI MUSIK KLASIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL IRFAN KOTA

AFRIYANTI, WINDA (2019) EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING DIIRINGI MUSIK KLASIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL IRFAN KOTA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING DIIRINGI MUSIK KLASIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL IRFAN KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang. Solusi yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode mind mapping diiringi musik klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode mind mapping diiringi musik klasik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang. Penelitian dilakukan di MTs Darul Irfan Kota Serang dengan sampelnya adalah kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih berdasarkan metode cluster sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dibuat instrumen untuk dijadikan alat ukur kemampuan pemahaman konsep matematis berupa instrumen tes esai dan motivasi belajar siswa berupa instrumen angket, kemudian instrumen diuji kelayakannya. Setelah instrumen dinyatakan dapat digunakan selanjutnya dilakukan pre-test lalu proses pembelajaran sebanyak empat kali pertemuan dan setelah itu dilakukan post-test. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode mind mapping diiringi musik klasik lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, Namun tidak dengan peningkatan motivasi belajarnya. Penelitian dilakukan dengan α=0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYuhana, YuyuUNSPECIFIED
Thesis advisorIskandar, KhairidaUNSPECIFIED
Additional Information: This research was motivated by the low ability to understand mathematical concepts and learning motivation of class VIII MTs Darul Irfan, Serang City. The solution that can be done for improving the ability to understand mathematical concepts and student motivation is using the mind mapping method accompanied by classical music. This study aims to determine the effectiveness of the mind mapping method accompanied by classical music on improving the ability to understand mathematical concepts and learning motivation of class VIII MTs Darul Irfan, Serang City. The study was conducted at MTs Darul Irfan in Serang City with the samples being class VIIIB and VIIIC selected based on the cluster sampling method. The research method used is quasi-experimental. Before the research was conducted, the instrument was first made to be used as a measure of the ability to understand mathematical concepts in the form of essay test instruments and student learning motivation in the form of a questionnaire instrument, then the instrument was tested for its feasibility. After the instrument can be used, then the pre-test and learning process are carried out four times and after that the post-test is done.From the results of the study it was concluded that the increasing in students' understanding of mathematical concepts of learning with mind mapping methods accompanied by classical music was better than students who received expository learning, but not with increased learning motivation. The study was conducted with α = 0.05.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 14:29
Last Modified: 15 Nov 2021 14:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item