Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DESKRIPSI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG

Winarsih, Iin (2019) DESKRIPSI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
DESKRIPSI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses strategi guru dalam pembelajaran matematika di kelas VIII Skh N 02 Kota Serang dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dipakai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa tunarungu kelas VIII Skh N 02 Kota Serang. Metode yang digunakan penelitian adalah metode wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika meliputi penggunaan metode dan teknik terlihat sama seperti belajar di sekolah pada umumnya, tetapi dalam hal taktik terlihat sangat berbeda. Guru menggunakan berbagai taktik seperti membuka pelajaran yang dipimpin guru berdoa sambil menunjuk dengan tangan bertepuk tangan berulang- ulang. Guru sudah memiliki kesiapan dalam memahami karakterstik siswa tunarungu secara umum dan merencanakan pembelajaran yang tertuang di dalam RPP yang sama antara siswa reguler dan siswa tunarungu dengan tetap memperhatikan karakteristik siswa tunarungu. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan seperti yang sudah di rencanakan di dalam RPP. Guru melakukan pengkondisian dengan mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. Penggunaan model, metode, media pembelajaran disamakan antara siswa reguler dan siswa tunarungu. Dalam pelaksanaan ada metode yang sudah dapat mengakomodir siswa reguler dan siswa tunarungu, namun masih ada metode yang membuat siswa tunarungu mengalami hambatan dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnriani, NurulUNSPECIFIED
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 13:42
Last Modified: 15 Nov 2021 13:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item View Item