Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pembelajaran Apresiasi Karya Puisi dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Kecerdasan Emosional pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Rangkasbitung

Dwi Rahmayani, Agita (2017) Pembelajaran Apresiasi Karya Puisi dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Kecerdasan Emosional pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Rangkasbitung. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Tesis)
PEMBELAJARAN APRESIASI KARYA PUISI DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING .PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT Agita Dwi Rahmayani (7771150041) "Appreciation Learning Poetry by Applying Contextual Teaching and Learning Approach and Emotional Intelligence in Class XI Students Public Vocational Secondary Schools 2 Rangkasbitung", Thesis, Indonesian Education Study Program, Post Graduate, Sultan Ageng Tirtayasa University. 2017. This study aims to determine the results of appreciation learning of poetry: 1) Applying Contextual Teaching and Learning (CTL) approach and Scientific Inquery approach. 2) in learners who have high emotional intelligence and low emotional intelligence. 3) the effect of approach interaction (CTL) and emotional intelligence. 4) applying CTL approach and high emotional intelligence with Scientific Inquery approach. 5) applying CTL approach and low emotional intelligence with Scientific Inquery approach. 6) who apply the CTL approach and high emotional intelligence with low emotional intelligence. 7) who apply the Scientific Inquery approach and high emotional intelligence with low emotional intelligence. The subjects of the study were students of class XI Public Vocational Secondary Schools 2 Rangkasbitung. The research method used a two-way anova experiment with interaction. The results showed 1) Learning outcomes using CTL approach is higher than Scientific Inquery approach. 2) High emotional intelligence group learning outcomes are higher than in the low emotional intelligence group. 3) There is an interaction effect of CTL approach and emotional intelligence on learning outcomes. 4) The learning outcomes using the CTL approach of the high emotional intelligence group were higher than the Scientific Inquery approach. 5) The learning outcomes using the CTL approach of the low emotional intelligence group were lower than the Scientific Inquery approach. 6) The learning outcomes using CTL approach group of high emotional intelligence is higher than the low emotional intelligence group. 7) The learning outcomes using the Scientific Inquery approach of the high emotional intelligence group were lower than the low emotional intelligence group. Keyword : Learning outcomes, poetry appreciation, CTL approach, scientific inquiry, emotional intelligence.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdi Syarif, ChussaeryUNSPECIFIED
Thesis advisorEdiwarman, EdiwarmanUNSPECIFIED
Additional Information: ABSTRAK Agita Dwi Rahmayani (7771150041) “Pembelajaran Apresiasi Karya Puisi dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Kecerdasan Emosional pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Rangkasbitung”, Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar apresiasi karya puisi : 1) yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan Scientific Inquery. 2) pada peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah. 3) pengaruh interaksi pendekatan (CTL) dan kecerdasan emosional. 4) yang menerapkan pendekatan CTL dan pendekatan Scientific Inquery pada kecerdasan emosional tinggi. 5) yang menerapkan pendekatan CTL dan pendekatan Scientific Inquery pada kecerdasan emosional rendah. 6) yang menerapkan pendekatan CTL dan kecerdasan emosional tinggi dengan kecerdasan emosional rendah. 7) yang menerapkan pendekatan Scientific Inquery dan kecerdasan emosional tinggi dengan kecerdasan emosional rendah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Rangkasbitung. Metode penelitian menggunakan eksperimen anova dua jalur dengan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar yang menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi dari pendekatan Scientific Inquery. 2) Hasil belajar kelompok kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari kelompok kecerdasan emosional rendah. 3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan CTL dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. 4) Hasil belajar yang menggunakan pendekatan CTL kelompok kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari pendekatan Scientific Inquery . 5) Hasil belajar yang menggunakan pendekatan CTL kelompok kecerdasan emosional rendah lebih rendah dari pendekatan Scientific Inquery. 6) Hasil belajar yang menggunakan pendekatan CTL kelompok kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari kelompok kecerdasan emosional rendah. 7) Hasil belajar yang menggunakan pendekatan Scientific Inquery kelompok kecerdasan emosional tinggi lebih rendah dari kelompok kecerdasan emosional rendah. Kata Kunci : hasil belajar, apresiasi karya puisi, pendekatan CTL, scientific inquery, kecerdasan emosional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 13:46
Last Modified: 15 Nov 2021 13:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6809

Actions (login required)

View Item View Item