Cahaya Safitri, Nanda (2019) ANALISIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA SISWA PADA KONSEP LAJU REAKSI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
ANALISIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA SISWA PADA KONSEP LAJU REAKSI.PDF Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Analisis multipel representasi kimia siswa sebelum mengajarkan konsep kimia tertentu penting dilakukan agar dapat menentukan teknik yang tepat dalam pembelajaran konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan multipel representasi yang dimiliki siswa dalam mendeskripsikan dan menjelaskan konsep laju reaksi menggunakan representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskripstifdengan melibatkan satu kelompok subjek. Instrumen tes terdiri dari 15 soal two tier multiple choice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi kimia siswa pada konsep laju reaksi untuk representasi level makroskopik, level submikroskopik dan level simbolik berturut-turut sebesar 54.72%, 39.47% dan 55.27% dan kemampuan interkoneksi ketiga level representasi siswa sebesar 21.92% siswa sudah mampu mengkoneksikan ketiga level representasi kimia, sebanyak 25.55% siswa cenderung hanya mampu menginterkoneksikan pada dua level representasi menunjukkan siswa sudah mampu menarik kesimpulan namun kesulitan menemukan alasannya, sebanyak 14.96% siswa cenderung lebih memahami konsep pada level representasi submikroskopik menunjukkan siswa tidak dapat menarik kesimpulan dari alasan yang diketahui dan sebanyak 37.56% siswa belum memahami maupun mengkoneksikan konsep pada tiga level representasi. Berdasarkan pengelompokan jawaban kemampuan interkoneksi ketiga level representasi siswamaka dapat diketahui pola interkoneksi representasi kebanyakan siswa diawali dengan representasi makroskopik lalurepresentasi simbolik dan terakhir representasi submikroskopik. Disarankan: penyampaian pembelajaran untuk beberapa konsep kimia harus meningkatkan pembahasan pada level representasi submikroskopik tanpa melupakan representasi makroskopik dan simbolik,pembelajaran konsep sebaiknya diawali dengan representasi makroskopik, lalu representasi simbolik dan terakhir representasi submikroskopik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2021 13:02 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2021 13:02 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6798 |
Actions (login required)
View Item |