Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL- SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Syarif Rianto, Ahmad (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL- SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah pada materi perbandingan trigonometri kelas X berdasarkan taksonomi SOLO. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Kota Serang dan dipilih 1 orang yang mewakili setiap tingkatan taksonomi SOLO untuk dijadikan responden pada tahap wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X MIPA 2 SMA N 1 Kota Serang dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berada pada tingkat unistructural, multistructural, relational, dan extended abstract. Pada tingkat unistructural, siswa cenderung melakukan kesalahan konsep, prinsip, dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan. Pada tingkat multistructural cenderung melakukan kesalahan dalam melaksanakan dan menyelesaikan rencana, kesalahan dalam perhitungan, dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan. Pada tingkat relational tidak ditemukan kesalahan dalam penyelesaian masalah, tetapi subjek hanya tidak menuliskan kesimpulan di akhir jawaban. Pada tingkat extended abstract tidak ditemukan kesalahan dalam proses pemecahan masalah. Persentase dari masing-masing tingkatan berturut-turut adalah 7,89% berada pada tingkat unistructural, 21,05% pada tingkat multistructural, 57,89% pada tingkat relational, dan 13,16% pada tingkat extended abstract.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, IndianaUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 12:58
Last Modified: 15 Nov 2021 12:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item