Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS DAN GAYA BELAJAR MATEMATIS

Nuramalina, Yustika (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS DAN GAYA BELAJAR MATEMATIS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pemecahan masalah menjadi salah satu fokus utama dalam kegiatan pembelajaran matematika dan harus dikembangkan oleh siswa. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis maka pembelajaran harus berfokus pada siswa dengan memperhatikan kemampuan awal matematis (KAM) dan gaya belajar matematis (GBM) siswa. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui apakah pencapaian, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan penerapan pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pendekatan rigorous mathematical thinking ditinjau dari KAM dan GBM. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mixed method dengan desain Sequential Explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Satu Atap Kasemen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan mengambil dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan RMT dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran biasa (saintifik). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT ditinjau dari KAM siswa, 3) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT ditinjau dari GBM siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, AanUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaerunnisa, EtikaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 12:15
Last Modified: 15 Nov 2021 12:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item