Nuramalina, Yustika (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS DAN GAYA BELAJAR MATEMATIS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN A.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pemecahan masalah menjadi salah satu fokus utama dalam kegiatan pembelajaran matematika dan harus dikembangkan oleh siswa. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis maka pembelajaran harus berfokus pada siswa dengan memperhatikan kemampuan awal matematis (KAM) dan gaya belajar matematis (GBM) siswa. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui apakah pencapaian, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan penerapan pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pendekatan rigorous mathematical thinking ditinjau dari KAM dan GBM. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mixed method dengan desain Sequential Explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Satu Atap Kasemen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan mengambil dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan RMT dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran biasa (saintifik). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT ditinjau dari KAM siswa, 3) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT ditinjau dari GBM siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2021 12:15 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2021 12:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6779 |
Actions (login required)
View Item |