FIRMANSYAH, ARIEF (2019) ANALISIS INFLEKSIONAL PADA SURAT KABAR WARTA KOTA RUBRIK POLITIK EDISI AGUSTUS 2018 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
ANALISIS INFLEKSIONAL PADA SURAT KABAR WARTA KOTA RUBRIK POLITIK EDISI AGUSTUS 2018 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMA.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis infleksional pada surat kabar Warta Kota pada rubrik politik edisi Agustus 2018 dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran teks eksposisi di SMA. Data penelitian diperoleh dari wacana politik yang berjumlah 30 buah pada surat kabar Warta Kota rubrik politik edisi Agustus 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data penelitian dianalisis yang telah diperoleh dianalisis dengan metode penelitian analisis deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Data penelitian yang diperoleh sebanyak 287 data. Data-data terebut terdiri atas proses infleksional melalui pembubuhan prefiks sebanyak 141 data, proses infleksional melalui pembubuhan sufiks sebanyak 31 data, proses infleksional melalui pembubuhan konfiks sebanyak 114 data dan proses infleksional melalui pembubuhan kombinasi afiks sebanyak 1 data dan menghasilkan proses infleksional verba sebanyak 241 data, proses infleksional nomina sebanyak 42 data, proses infleksional numeralia sebanyak 2 data, proses infleksional adjektiva sebanyak 2 data. Penelitian mengenai infleksional berkaitan dengan afiksasi dan kategori kata sehingga hasil analisis pada penelitian ini berfokus pada proses morfologi pada kata yaitu afiksasi pada kata dasar yang tidak merubah kelas kata pada kata tersebut. Hasil analisis meliputi proses konstruksi infleksional meliputi pembubuhan prefiks, sufiks, konfiks dan kombinasi afiks serta penjelasan mengenai makna pada kata yang mengalami proses infleksional. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran teks eksposisi di SMA. Oleh sebab itu, guru harus mampu memanfaatkan sumber atau media yang sesuai dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2021 12:10 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2021 12:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6776 |
Actions (login required)
View Item |