Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Yanti Suavitri, Dwi (2019) AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologi humanistik Maslow pada tokoh Karman dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA dari hasil analisis novel Kubah karya Ahmad Tohari. Sumber data penelitian ini adalah novel Kubah karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama tahun 2015 dengan jumlah 216 halaman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, sedang analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Keabsahan data yang didapat dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, tokoh Karman dapat dideskripsikan sebagai tokoh yang berhasil mengaktualisasikan dirinya. Dari beberapa karakteristik aktualisasi diri yang ada pada diri Karman, pencapaian aktualisasi diri Karman belum sepenuhnya maksimal. Masih ada beberapa sifat yang belum nampak dalam tindakan maupun pemikirannya. Meskipun Karman belum memenuhi semua ciri-ciri orang yang telah beraktualisasi diri, tetapi Karman telah menunjukkan bahwa dirinya mampu menentukan pilihan yang awalnya membuatnya bimbang. Karman telah berhasil menunjukan bahwa dirinya mampu memilih pilihan pasti dalam hidupnya. Pilihan yang menuntut Karman memilih untuk meninggalkan pekerjaan yang telah memberinya penghasilan juga merasa lebih disegani atau meninggalkan orang-orang yang dicintainya. Karman yakin pada dirinya, dan Karman memiliki keteguhan dalam hatinya untuk kembali bergabung di masyarakat dan menemukan kembali eksistensi dalam dirinya sehingga Karman dapat kembali bergabung di masyarakat. Kedua, Analisis kesesuaian antara novel Kubah Karya Ahmad Tohari dan kriteria pemilihan bahan ajar di SMA menghasilkan temuan bahwa novel Kubah karya Ahmad Tohari memiliki kesesuaian dan kelayakan dari aspek bahasa, aspek psikologi dan aspek latar belakang budaya. Hal ini menjadikan novel Kubah karya Ahmad Tohari dapat dimanfaatkan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHadiansyah, FirmanUNSPECIFIED
Thesis advisorSenjaya, AripUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 15 Nov 2021 11:24
Last Modified: 15 Nov 2021 11:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6732

Actions (login required)

View Item View Item