Dewi, Ratna (2014) KECEMASAN PARA TOKOH DALAM NOVEL CERITA DANTE KARYA STEFANI HID DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
KECEMASAN PARA TOKOH DALAM NOVEL CERITA DANTE KARYA STEFANI HID DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (3MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan pembelajaran sastra di SMA, yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan tujuan pembelajaran di sekolah, seperti novel Cerita Dante karya Stefani Hid. Kajian ini menggali lebih dalam tentang struktur kepribadian tokoh Mei Fung, Chen-Chen, dan Dante sebagai hasil konflik dari Id, Ego, dan Superego, serta mengetahui kecemasan yang dialami oleh para tokoh tersebut. Novel Cerita Dante dianalisis melalui pendekatan psikoanalisis dan kecemasan menurut Sigmund Freud, serta menerapkan hasil penelitian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah struktur kepribadian para tokoh dalam novel Cerita Dante karya Stefani Hid?, (2) Bagaimanakah kecemasan para tokoh dalam novel Cerita Dante karya Stefani Hid?, (3) Apakah hasil analisis penelitian dapat disusun menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur kepribadian para tokoh dalam novel Cerita Dante karya Stefani Hid, (2) Mendeskripsikan kecemasan para tokoh dalam novel Cerita Dante karya Stefani Hid, (3) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA menggunakan novel Cerita Dante karya Stefani Hid. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik penelitian yang digunakan ialah studi pustaka dan analisis isi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa para tokoh dalam novel Cerita Dante lebih didominasi oleh prinsip Id karena khawatir atau cemas terhadap masalah yang menimpanya. Mei Fung dan Chen-Chen lebih dominan mengalami kecemasan neurotik karena kegelisahan yang bersumber dari pemikirannya, sedangkan Dante lebih dominan mengalami kecemasan rneurotik dan realistik karena kegelisahan yang berasal dari pikiran dan realitas yang dihadapinya. Hasil penelitian dapat disusun menjadi RPP karena telah memenuhi kesesuaian dari aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya. Kata Kunci: Psikoanalisis, Kecemasan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Psikoanalisis, Kecemasan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2021 10:48 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2021 10:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6717 |
Actions (login required)
View Item |