WIBOWO, CAHYO TRI and Budiati, Ayuning and Fuad, Anis (2014) EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN (SIMKIM) DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KOTA TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (CAHYO TRI WIBOWO - ANE 2014)
EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN - Copy.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Cahyo Tri Wibowo. 6661100686. Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Dengan Manggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I, Dr. Ayuning Budiati., S.IP., MPPM., Pembimbing 2, Anis Fuad, S.Sos., M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah lambatnya pelayanan pembuatan paspor yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang karena masih banyaknya keluhan dari masyarakat pengguna jasa keimigrasian khususnya pelayanan paspor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pelayanan pembuatan paspor dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas menurut Gibson dengan indikator efektivitas yaitu produktivitas, efisiensi, fleksibilitas, keunggulan, pengembangan dan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 203 orang dengan taraf kesalahan 7% dan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh efektivitas pelayanan pembuatan paspor dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang adalah 71,14% dari yang diharapkan atau dapat dikatakan baik karena mencapai angka diatas 70%. Saran dari peneliti adalah melakukan pengukuran kinerja pelayanan dan memberlakukan sistem target kerja, meningkatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pelayanan, meningkatkan sosialisasi prosedur pembuatan paspor, menambah dan memelihara sarana dan prasarana, pengadaan diklat kepada sumber daya manusia, dan memberikan pelayanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian, Efektivitas Pelayanan Publlik
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Cahyo Tri Wibowo. 6661100686. Effectiveness of passport service using Immigration Information System (SIMKIM) in the Immigration Office Class I Tangerang City. Public Administration Department, Social and Political Sciences Faculty, Sultan Ageng Tirtayasa University. 1st Advisor, Dr. Ayuning Budiati., S.IP., MPPM., 2nd Advisor, Anis Fuad, S.Sos., M.Si. The background of this research is badly services of the passport in the Immigration Office Class I Tangerang City because it still many complaints from the users related to the immigration service especially passport service. The aim of this research is to find out how big the effectiveness of passport service using Immigration Information System in the Immigrattion Office Class I Tangerang City. This research used effectiveness theory from Gibson’s theory contained indicator effectiveness namely productivity, efficiency, flexibility, excellence, development, and satisfaction. A method of the research is quantitative descriptive method. The samples of this research is 203 person with 7% standart of error and using accidental of sampling techniques. A technique used in collecting data namely by questionnaire, the study of documentation, literature study and observation. From this research obtained the effectiveness of passport service using Immigration Information System in the Immigrattion Office Class I Tangerang City is 71,44%. And it categorized good as it can reach the level of 70%. Advice of researchers is taking measurements of service performance and applying working target, improving planning, organizing, implementation and supervision service, improving socialization passport procedure, adding and maintenance equipment and infrastructure, procuring education and training to human resources, and provide services according to the Standard Operational Procedure (SOP) applied. Keywords : Immigration Information System, Public Service Effectiveness |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:22 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:22 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/658 |
Actions (login required)
View Item |