Dr. Hj. Ratu Amalia Hayani, M.Pd., Ratu Amalia Hayani and Abdurohim, S.Ag., M.Ag., Abdurohim and Ida Farida, Ida Farida (2021) OPTIMALISASI KOMPETENSI CALON TENAGA PENDIDIK MELALUI KEGIATAN AMALIYATU TADRIS (MICRO TEACHING) STUDI PADA SANTRI KELAS AKHIR DI PONDOK PESANTREN DAARUL ISHLAH. Pendidikan Karakter JAWARA UNTIRTA, 7 (2). pp. 1-112. ISSN 2442-7780
Text
11. KOMPETENSI.pdf Download (356kB) |
||
|
Image
COVER JURNAL JAWARA.jpeg Download (131kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah kegiatan yang kompleks dan membutuhkan keterampilan dan kompetensi yang bagus untuk mampu mewujudkan pendidikan dan pembelajaran yang sukses. Untuk memperoleh kompetensi pendidik professional maka tidak cukup hanya sebatas mempelajari dan menyampaikan pengetahuan tanpa memahamai metode dan perencanaan pembelajaran yang baik, hal ini dikarenakan peserta didik adalah sekelompok anak-anak belajar yang memiliki karakter dan kecerdasan yang berdinamika dan cara menyerap pembelajaran yang berbeda-beda. Hal ini menuntut kegiatan pendidikan mesti berjalan dinamis dan menyesuaikan atmosfer pendidikan yang berkembang sehingga pendidik perlu mengusai metode dan perencanaan yang beragam untuk mengupayakan tercapainya target pembelajaran. Hal ini pula menjadi problematika dan perhatian khusus untuk santri kelas akhir di pondok pesantren khususnya Pondok Pesantren berbasis Tarbiyyatul Mu’allmin Al-Islamiyyah (Pendidikan Guru-guru Agama Islam) yang sejatinya adalah calon pendidik di masa yang akan datang. Jika mereka memulai terjun ke dunia pendidikan tanpa adanya bekal pengalaman dan wawasan yang cukup terkait penyelenggaraan pembelajaran. Seorang pendidik mempunyai peran penting dalam mensukseskan pendidikan dan pembelajaran serta sangat berpengaruh dalam mengembangkan pembelajaran. oleh karena itu, penting untuk melakukan kegiatan Micro Teaching untuk calon pendidik dengan tujuan untuk melatih dan mengajarkan calon peserta didik semenjak dini tentang wawasan pendidikan dan pembelajaran serta memberikan wawasan tentang metode dan model pembelajaran yang perlu diterapkan kepada peserta didik yang berdinamika agar calon pendidik lebih mampu, lebih siap dan lebih berkompeten dalam menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran khususnya di lingkungan pendidikan berbasis pondok pesantren jika suatu saat dibutuhkan untuk menjadi pendidik. Kata Kunci: Pendidikan; Kompetensi; Tenaga Pendidik; Amaliatu Tadris (Micro Teaching)
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Kompetensi; Tenaga Pendidik; Amaliatu Tadris (Micro Teaching) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | M.Ag. Abdurohim Abdurohim |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 14:47 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 14:47 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6540 |
Actions (login required)
View Item |