Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KAMPANYE LITERASI MEDIA KPID BANTEN “BANTEN CINTA SILAT” DALAM MEMBUAT MASYARAKAT MELEK MEDIA

Achmad, Vicky and Widyaningtyas, Mia Dwiana and Praceka, Puspita Asri (2012) KAMPANYE LITERASI MEDIA KPID BANTEN “BANTEN CINTA SILAT” DALAM MEMBUAT MASYARAKAT MELEK MEDIA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Vicky Achmad - IKOM 2012)
KAMPANYE LITERASI MEDIA KPID BANTEN -BANTEN CINTA SILAT-DALAM MEMBUAT MASYARAKAT MELEK MEDIA - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Vicky Achmad. NIM. 051381. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik, Skripsi. Kampanye Literasi Media KPID Banten “Banten Cinta Silat” Dalam Membuat Masyarakat Melek Media. Kata Kunci : Literasi Media, Kampanye KPID Banten, Masyarakat Banten Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kampanye literasi media oleh KPID Banten kepada lembaga penyiaran dan masyarakat berkaitan dengan pengetahuan literasi media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Kampanye Banten Cinta Silat mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, kekuatan dan bentuk visualisasi kampanye kepada lembaga penyiaran dan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kampanye Ostergaard dari Leon Ostergaard. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Peneliti berusaha memahami alur kegiatan kampanye yang dilakukan KPID Banten untuk membuat lembaga penyiaran dan masyarakat menjadi paham akan pentingnya literasi media. Penelitian ini secara deskriptif menerangkan bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan kekuatan kampanye oleh KPID kepada target sasarannya. Data penelitian ini didapatkan berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi mengenai kampanye dan proses keberlangsungan kampanye. Data yang didapatkan peneliti dari key informant yaitu penggagas kegiatan kampanye yaitu Ketua KPID Banten dan informan pendukung adalah Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran ditambah dengan pemerhati penyiaran dan dosen pemerhati fenomena penyiaran. Hasil penelitian ini yaitu, Kampanye literasi media telah dijalankan sesuai rencana, namun pelaksanaan evaluasinya tidak berjalan dengan semestinya, karena belum ada perubahan signifikan yang ditunjukkan baik dari lembaga penyiaran, masyarakat atau KPID Banten sebagai pelaksana kegiatan kampanye.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Vicky Achmad. NIM. 051381. Sultan Ageng Tirtayasa University, Faculty of Social and Political Sciences, Department of Communication Studies, Journalism Concentration, Thesis. Media Literacy Campaign KPID Banten "Love Banten Silat" in Making Media Literacy Community. Keywords: Media Literacy, Campaign KPID Banten, Banten Community The research was carried out with background media literacy campaign by Bantam KPID to broadcasters and the public related to media literacy knowledge. The purpose of this study was to determine the Campaign Process Banten Love Silat regarding the planning, implementation, strength and form of visualization campaigns to broadcasters and the public. The theory used in this research is the theory of Leon Ostergaard Ostergaard campaign. This research is a qualitative descriptive type of research where the researcher simply describes a situation or event. Researchers trying to understand the flow of campaign activities undertaken KPID Banten to make broadcasters and the public become aware of the importance of media literacy. This study descriptively explain how the planning, execution and the power to target campaigns by KPID target. The data were obtained based on observations, interviews, documentation about the campaign and the sustainability of the campaign. Researchers obtained data from key informants is the originator of the campaign chairman KPID Banten and informants are supporting Broadcast Content Control Coordinator coupled with faculty observers and commentators broadcasting broadcasting phenomenon. The results of this study, namely, media literacy campaigns have been run well, but the implementation of the evaluation is not running properly, since no significant changes were demonstrated both broadcasters, public or KPID Banten as implementing campaign activities.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:48
Last Modified: 09 Nov 2016 08:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item