Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN SEKOLAH DASAR (BSM-SD) DI UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN LABUAN KABUPATEN PANDEGLANG

SUPRIYATNA, SRIDA and Handayani, Riny and Cadith, Juliannes (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN SEKOLAH DASAR (BSM-SD) DI UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN LABUAN KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Implementasi Program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) Di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupate-BO7GCBP8 - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu rendahnya partisipasi pendidikan khususnya pada kelompok miskin adalah tingginya biaya pendidikan baik biaya langsung maupun tidak langsung. Biaya langsung antara lain iuran sekolah, buku, seragam, dan alat tulis, sementara biaya tidak langsung antara lain biaya transportasi, kursus, uang saku . Salah satu kebijakan untuk membantu masyarakat miskin dibidang pendidikan adalah program beasiswa bagi siswa miskin atau yang lebih dikenal sebagi Bantuan Siswa Miskin (BSM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatifdengan teknik deskriptif, dimana yang menjadi polulasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang mendapatkan bantuan dalam Program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 2125 orang. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5 persen, maka sampel yang diperoleh adalah 96. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari teori Edaward III yang memuat 4 indikator yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Teori Edward III digunakan karena dianggap paling tepat untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Dalam mengumpulkan data dengan cara angket/kuesioner, observasi, studi literature dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability sampling dengan tipe Proportional Random Sampling. Untuk menganalis data menggunakan uji t (test) satu sampel dengan uji pihak kanan. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa tingkat Implementasi Program Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM-SD) Di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang telah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel(5.795 > 1.664), maka pelaksanaan program BSM-SD diperoleh sebesar 64.75 persen melebihi angka yang penulis hipotesiskan yaitu sebesar 60 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHANDAYANI, RINYUNSPECIFIED
Thesis advisorCADITH, JULIANNESUNSPECIFIED
Additional Information: One of the low participation in education, especially on the poor is the high cost of education both direct and indirect costs. Direct costs include school fees, books, uniforms and stationery, while indirect costs include transportation costs, courses, pocket money. One of the policies to help the poor in education is a scholarship program for poor students, or better known as a Poor Student Aid (BSM). The aim of this study is to investigate the implementation of the program Help Poor Students Elementary School (BSM-SD) in the District Education Office UPT Labuan Pandeglang. The method used is quantitative descriptive technique, where the polulasi in this study were the parents of students who receive assistance in the Student Assistance Program Miskin Primary School (BSM-SD) in the District Education Office UPT Labuan Pandeglang totaling 2125 people. Sample calculation using the formula Slovin with an error rate of 5 percent, then the samples obtained is 96. The instrument in this study were obtained from the theory Edaward III which includes four indicators, namely communication, resources, disposition and bureaucratic structure. Theory Edward III is used because it is considered the most appropriate to answer the formulation problems. In collecting data by questionnaire / questionnaire, observation, literature study and documentation. The sampling technique used is the type of sampling Probability Proportional Random Sampling. To analyze the data using the t test (test) the test sample with the right party. Research results obtained show that the level of implementation of Poor Students Assistance Program Elementary School (BSM-SD) in the District Education Office Unit Labuan Pandeglang has gone well. Based on the calculation results obtained t greater than t table (5795> 1664), the implementation of BSM-SD program obtained by 64.75 percent over the authors hypothesize that figure by 60 percent.
Uncontrolled Keywords: Public Policy Implementation, BSM-SD
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:42
Last Modified: 21 Apr 2022 09:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item