Fifilusianty, Anike and Hendriyani, Mila and Rachmawati, Dian (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Mneumonik terhadap Daya Ingat Siswa pada Konsep Protista. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 1 (1). pp. 1-6. ISSN e-ISSN 2807-5285
Text
Artikel_JurnalPendidikanIndonesiaGemilang.pdf - Published Version Download (238kB) |
Abstract
bstrak Metode mneumonik yaitu metode menghafal dengan cara mengambil salah satu bagian kata yang akan dihafal untuk dirancang siswa menjadi susunan kata yang unik dan menjadi suatu kalimat yang familiar. Salah satu kesulitan siswa dalam mempelajari konten biologi adalah menghafal nama atau istilah latin, contohnya yang terkait dengan taksonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mneumonik terhadap daya ingat siswa pada konsep protista di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang, Indonesia. Metode kuasi eksperiment digunakan untuk mengukur variable daya ingat siswa, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik Simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan t test diperoleh nilai thitung 9.124 > ttabel sebesar 2.02. Nilai tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran mneumonik berpengaruh terhadap daya ingat siswa pada konsep protista. Kata Kunci: daya ingat, metode mneumonik, protista
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Mila Hendriyani |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 14:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 14:30 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/6326 |
Actions (login required)
View Item |