SUMANTRI, TISNA and Yulianti, Rina and Stiawati, Titi (2015) KINERJA PEGAWAI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (DPPKD) PROVINSI BANTEN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (TISNA SUMANTRI - 2015)
KINERJA PEGAWAI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (DPPKD) PROVINSI BANTEN - Copy.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tisna Sumatri Nim 6661100965, Tahun Skripsi 2015, Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Dan Pengelolaaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pembimbing I Rina Yulianti S.IP.,M.Si., Pembimbing II Titi Stiawati S.Sos.,M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapatnya beberapa pegawai yang kurang disiplin, masih ada pegawai yang tidak patuh terhadap tata tertib tentang disiplin waktu yang telah ditentukan. Lemahnya pengawasan langsung oleh pimpinan terkait disiplin pegawai yang cenderung rendah, menjadikan beberapa pegawai kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap bidang pekerjaanya dan juga menjadikan beberapa pegawai malas serta kurang cepat dalam memahami pekerjaanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan Dinas Pendapatan Dan Pengelolaaan Keuangan Daerah Provinsi Banten sebagai objek yang diteliti. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Non Probability Sampling. Dalam pengambilan sampel ini penulis menggunakan metode Accidental Sampling dari jumlah populasi sebanyak 269 orang. Untuk mendapatkan sampel, peneliti menggunakan rumus Taro Yamane, maka yang diambil sebagai sampel adalah sebanyak 160 orang. Penilaian kinerja pegawai yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan pada teori kinerja dari Stephen P Robbins dalam buku Organization Behavior, dalam teori tersebut terdapat 7 (tujuh) indikator kinerja yaitu: kualitas kerja, kuatitas kerja, kerjasama, inisiatif, kepemimpinan, loyalitas, dan tanggung jawab. Terdapat dua hal yang harus diperbaiki yaitu kualitas hasil pekerjaan dan kuantitas hasil pekerjaan. Kualitas hasil pekerjaan dibenahi dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan yang khusus untuk para pegawai, misalnya dengan diadakan bimbingan teknis pengelola keuangan, pengelola arsip, pengelola barang, bimbingan teknis penyusunan laporan akuntansi, diklat kepemimpinan, dan lain sebagainya. Sedangkan kuantitas hasil pekerjaan dibenahi dengan cara memberikan tambahan penghasilan berdasarkan penilaian kinerja dan beban kerja yang dianggarkan pada APBD, hal tersebut dilakukan agar pegawai termotivasi untuk dapat meningkatkan kinerjanya dalam menyelesaikan pekerjaanya sesuai target waktu yang telah ditentukan. Kata kunci: DPPKD, Kinerja Pegawai.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Tisna Sumantri Nim 6661100965, Skripsi Year 2015, The Performance Of Employees Revenue Service And Financial Management (DPPKD) Banten. Study Program State Administration Science, Faculty Of Social Science And Political Science, University Of Sultan Ageng Tirtayasa, Adviser l Rina Yulianti S.IP.,M.Si., Adviser ll Titi Stiawati S.Sos.,M.Si. This study was motivated by there are some employees who lack discipline, there are employees who do not adhere to the rules of discipline predetermined time, direct supervision by a related discipline leader that tend to be low, making some employees lack a sense of responsibility towards the fields of his work and also make some employees are lazy and less rapidly in understanding the job. The purpose of this study was to describe the Performance Of Employees Revenue Service And Financial Management (DPPKD) Banten. Research method used is quantitative with descriptive approach and The Revenue Office And Regional Financial Management Province of Banten as the object of study. The sampling technique used in this study is Non Probability Sampling. In this sampling using Accidental Sampling method from a total population of 269 people. To get sample, researchers used formula Taro Yamane, then taken as sample is 160 people. Employee performance evaluation conducted by the researchers based on the theory of the performance of Stephen P Robbins in the book Organization Behavior, in theory there are 7 (seven) performance indicators: quality of work, quantity of work, cooperation, initiative, leadership, loyalty, and responsibility. There are two things that should be improved is the quality of work and quantity of work. The quality of the outcome work be improver by means of hold trainings that is specialized to employees, for example by held technical training financial management, management archive, management goods, technical training the preparation of reports accounting, training leadership, and etc. While quantity hard work be improved by granting additional income based on assessment performance and workload budgeted on APBD, it has to be done so that employees motivated to be able to improve its performance in finishing job met the target the set time. Keywords : DPPKD, Performance Of Employees |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:53 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |