Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KOTA CILEGON BULAN AGUSTUS – DESEMBER TAHUN 2009

Wahyuni, Diyan and Supriadi, Oman and Wicaksono, Kristian Widya (2010) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KOTA CILEGON BULAN AGUSTUS – DESEMBER TAHUN 2009. Lainnya thesis, FISIP Untirta.

[img]
Preview
Text (Skripsi ANE)
SKRIPSI_DIYAN_WAHYUNI_061499.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Diyan Wahyuni. NIM. 061499. Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon Kata Kunci: Kepuasan Warga Negara, Kualitas Pelayanan dan Pelayanan Publik. Dalam penelitian ini membahas mengenai pelayanan administratif yang komponennya adalah pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Dimana pelayanan ini masih dirasakan berbelit-belit, lamban, fasilitas yang disediakan masih belum maksimal serta memerlukan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Untuk itu, saya selaku peneliti tertarik untuk meneliti mengenai Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah mengukur Kualitas Pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon yang ditinjau dari dimensi Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada 74 responden para pembuat surat izin usaha perdagangan (SIUP) atau responden yang telah merasakan pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Teknik analisis data yang digunakan adalah Item-by-item Analysis, Dimension-by-dimension Analysis dan Two-Dimensional Differencing Plane. Hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara Persepsi dengan Ekspektasi Responden atas pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) yang diselenggarakan oleh pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon. Skor SERVQUAL untuk masing-masing dimensi diantaranya Reliability (-3,14), Responsiveness (-2,75), Assurance (-2,8), Emphaty (-2,72) dan Tangibles (-3). Oleh karenanya, Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Cilegon tidak memuaskan bagi Responden.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Diyan Wahyuni. NIM. 061499. The Service Quality (Servqual) Of Making The Trade License Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) at Cilegon Department of Industry, Trade and Cooperation Keywords: Citizen Satisfaction, Service Quality and Public Services. In this observation deals with administration services which one of its component is the “Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)” at Cilegon Department of Industry, Trade and Cooperation. The such service which served as long winded bureaucrary, sluggish, lade of facility not to mention time and cost wasting. Therefore, as an observer, I’m interested in studying about service quality of the Trade License “Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)” at Cilegon Department of Industry, Trade and Cooperation. The objectives of this study is to measure the service quality of the Trade License issuing at the office mentioned, overviewed from dimension of Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty and Tangibles. Types of observation used by the observer is a quantitative survey with descriptive method. Data collected using a questionnaire and interviews. Questionnaire was distributed to 74 respondents which were Trade License or respondents who have felt the service of making the trade license at Cilegon Department of Industry, Trade and Cooperation. Technical analysis of the data used is an Item-by-item Analysis, Dimension-by-dimension Analysis and Two-Dimensional Differencing Plane. The result of these observation shows that were gaps between perception and expectation of respondents. Servqual score for each dimension such Reliability (-3,14), Responsiveness (-2,75), Assurance (-2,8), Emphaty (-2,72) dan Tangibles (-3). As the results, the quality of service in Trade License at Cilegon Department of Industry, Trade and Cooperation is less satisfied to the respondents.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Dec 2012 03:51
Last Modified: 02 May 2013 03:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item