Wahyuni, Indria and Ratnasari, Dwi and Hendriyani, Mila and Mahrawi, Mahrawi (2021) PENDIDIKAN KONSERVASI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA MANGROVE BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR). Biodidaktika, 16 (2). pp. 74-85. ISSN 2527-4562
Text
ArtikelBiodidaktika.pdf - Published Version Download (950kB) |
Abstract
Abstrak Keberadaan hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar. Ekosistem mangrove yang tumbuh di sepanjang garis pantai atau di pinggiran sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut perpaduan antara air sungai dan air laut. Campur tangan manusia ataupun aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekosistem mangrove. Semakin banyak manfaat dan keuntungan ekonomis yang diperoleh, maka semakin berat pula beban kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Sebaliknya makin sedikit manfaat dan keuntungan ekonomis, makin ringan pula kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya. Melalui pengkembangan teknologi yang berkembang sangat cepat di abad ke 21 ini memberikan fasilitas kemudahan dalam membangun kesadaran masyarakat terkait pendidikan konservasi mangrove. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan misalnya media edukasi berbasis teknologi seperti Augmented Reality (AR). Buku berbasis AR merupakan suatu terobosan dalam pendidikan konservasi diharapkan dapat memberikan kesadaran masyarakat dan akan berdampak pada peningkatan minat masyarakat akan pentingnya pelestarian dan konservasi. Kata Kunci: augmanted reality, mangrove, pendidikan konservasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mila Hendriyani |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 10:15 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 10:15 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5637 |
Actions (login required)
View Item |