Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PRODUKSI PROGRAM TELEVISI (Studi kasus acara variety show Dahsyat di RCTI)

NURFATIHAH, SITI and Sihabudin, Ahmad and Gumelar, Rangga G. (2015) PRODUKSI PROGRAM TELEVISI (Studi kasus acara variety show Dahsyat di RCTI). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (SITI NURFATIHAH - KOM 2015)
SITI NURFATIHAH - 6662101141 - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Siti Nurfatihah. NIM. 6662101141. Skripsi. Produksi Program Televisi (Studi kasus acara Variety Show Dahsyat di RCTI). Skripsi Konsentrasi Ilmu Humas: Program Ilmu Komunikasi fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing 1: Prof. Dr. Ahmad Sihabudin, M.Si dan Pembimbing II: Dipl.Ing (FH) Rangga Galura Gumelar., M.Si. Penelitian ini bejudul “Produksi Program Televisi (Studi kasus acara Variety Show Dahsyat di RCTI). Dahsyat merupakan program musik yang berkembang menjadi program acara Variety Show yang ditayangkan oleh RCTI mengenai informasi deretan lagu yang hits di Indonesia, permainan, kuis, selain itu ada juga informasi yang berisikan edukasi di dalamnya. Program Dahsyat merair rating di posisi 40 dengan rating 1,5 persen dan share 15,8 persen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses produksi dengan tahapan produksi yang dilakukan dan mengetahui peran host dan penonton bayaran dalam program Dahsyat untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan teori ekonomi media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik observasi ke RCTI dan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Pada penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan proses produksi dimulai dari pra produksi dilakukan tim produksi yaitu rapat internal untuk menyusun jadwal artis, gimmick, budget, chart. Tahap produksi melakukan Live On-Air berdurasi 2 jam, adanya live performance artis, chart, audience, kamera, audio. Tahap pasca produksi tim melakukan evaluasi dengan mengevaluasi kesalahan yang terjadi saat produksi. Dalam proses produksi program Dahsyat ini peran host dan penonton bayaran sangat mutlak. Peran host dan peran penonton bayaran dalam Program ini pada posisi ekonomi media mereka melakukan simbiosis mutualisme dalam arti saling menguntungkan. untuk menjalin kepercayaan antara pihak yang satu dengan pihak lainnya maka dibutuhkan dukungan masing-masing pihak untuk bekerja sama demi terciptanya keuntungan. Peran host dan penonton didalam studio ini bisa menjadi target pasar untuk program ini. Pasar dalam ekonomi media berarti khalayak dan iklan. Peran host dan penonton bayaran didalam studio Dahsyat sangat membantu untuk memeriahkan acara karena semakin meriah acara maka semakin ramai acara Dahsyat ini, dan rating akan naik selain itu iklan juga tertarik untuk masuk kedalam program ini. Kata kunci: Produksi, Program, Televisi, Variety show Dahsyat RCTI

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Siti Nurfatihah. NIM. 6662101141. Thesis .Television program production (Studi kasus acara Variety Show Dahsyat di RCTI). Concentration of Science Thesis PR : Communication Studies Program Faculty of Social and Political Sciences : University of Sultan Agung Tirtayasa .Supervisor 1 : Prof. Dr. Ahmad Sihabudin, M.Si. and Supervisor II: Dipl.Ing (FH) Rangga Galura Gumelar., M.Si. The Research titled “The Television program production. (study case of Variety Show Dahsyat RCTI). Dahsyat is a music program that evolved into a variety show programs aired by RCTI on a row of information in Indonesia hits songs, games, quiz, but it is also the information contained therein education. The purpose of this study was to determine the production process with production stages performed and determine the role of the host and the audience paid in the program to Dahsyat can benefit by economic theory media. This study uses descriptive qualitative research with RCTI and observation techniques to collecting data through interviews, documentation and observas. In the research done, it can be concluded that the production process starting from pre production, namely the production team did an internal meeting to draw up a schedule of artists, gimmick, budget, charts. Production stage perform Live On-Air lasted 2 hours, the live performance artists, chart, audience, cameras, audio. Post-production stages of an evaluation team to evaluate errors that occur during production. In the production process, the role of the host Powerful program and the audience paid very absolute. Host role and the role of the audience paid in this program on the economic position of their media do a symbiotic mutualism in the sense of mutual benefit. to establish trust between the parties that the other party is required to support each of the parties to work together for the creation of profit. The role of the host and the audience in the studio this could be the target market for this program. Market economy means audiences and advertising media. The role of the host and the audience in the studio Powerful mercenary help to enliven the event as more and more crowded, the festive occasion of this event Dahsyat, and ratings will go up in addition to the ad are also keen to get into this program. Keywords: production, program, televison, variety show Dahsyat RCTI
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:15
Last Modified: 22 Jul 2016 03:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item