Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MENGUNJUNGI PULAU PEUCANG

NURAPRIANI, LIA and Nursih, Isti and Nesia, Andin (2015) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MENGUNJUNGI PULAU PEUCANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (LIA NURAPRIANI - KOM 2015)
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MENGUNJUNGI PULAU PEUCANG - Copy.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Lia Nurapriani. NIM 6662100047. Skripsi. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wisatawan Domestik Mengunjungi Pulau Peucang. Pembimbing I: Isti Nursih, S.Ip., M. Ikom dan Pembimbing II: Andin Nesia S.IK., M. Ikom Industri pariwisata merupakan salah satu sektor jasa yang sangat penting untuk dikembangkan. Pulau Peucang dengan keragaman potensi wisata alam yang sangat besar menjadi salah satu prioritas pengembangan wisata alam di Taman Nasional Ujung Kulon. Kesuksesan perencanaan pemasaran terletak pada ketepatan penyusunan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap keputusan wisatawan domestik mengunjungi Pulau Peucang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei, dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada 99 orang wisatawan domestik yang mengunjungi Pulau Peucang. Data yang diperoleh dianalisis dengan program SPSS 21. Dari analisis korelasi antara variabel product, price, place dan promotion (marketing mix) terhadap variabel keputusan wisatawan memiliki hubungan yang sangat kuat dan positif. Setelah dilakukan uji regresi berganda dihasilkan persamaan Y = 8,625 + 0,384X1 + 0,146X2 + 0,060 X3 + 0,362 X4 dengan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 66,4% variabel independen (X1,X2,X3,X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen (Y) sedangkan sisanya 33,6% keputusan wisatawan dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar penelitian. Melalui analisis koefisien determinasi faktor yang paling dominan adalah variabel product (X1) yaitu sebesar 0,528 atau 52,8%. Kata Kunci : Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, Keputusan Pembelian, Wisatawan, Pulau Peucang.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Lia Nurapriani. NIM 6662100047. Mini Thesis. The Influence of Marketing Mix to the Decision of Domestic Tourist to Visit Peucang Island. Guide I: Isti Nursih, S.Ip., M. Ikom and Guide II: Andin Nesia S.IK., M. Ikom Tourism industry is one of the service sectors which is very important to be developed. Peucang Island is a big beautiful of natural tourism potency has become one of priorities in expanding the natural tourism in Ujung Kulon National Park. The success of marketing plan is based on the accuracy of marketing mix strategy composition which consists of product, price, place, and promotion to get the goal which has been appointed. So, the purpose of this research is to measure how big the influence of marketing mix to the decision of domestic tourist to visit Peucang Island. The method of the study which is used is quantitative method with the technique of survey by giving the questionnaires to 99 domestic tourists who have been visiting Peucang Island. The data which is gotten has been analyzed by the program SPSS 21. From the correlation analysis between product, price, place variables and promotion (marketing mix) through the variabke tourist decision has a very strong and posititive relationship. After it has been done the double regression test resulted the similarity Y= 8,625+ 0,384X1 + 0,146X2 + 0,060 X3 + 0,362 X4with the determination coeffecient shows that 66,4% independent variabel (X1,X2,X3,X4) is conformity with the influence to the dependent variable (Y) and the left is 32,6% of tourist decision explained by the other factors beyond the research. By the analysis of determination coefficient test, the most dominant factor is product (X1) that is 0,528 or 52,8%. Keyword: Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, Buying Decision, Tourism, Peucang Island.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:40
Last Modified: 22 Jul 2016 02:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item