Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG MEMBACA PETA Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas IV SD Negeri Sumuranja 2 Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang

FIRMANSYAH, IMAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG MEMBACA PETA Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas IV SD Negeri Sumuranja 2 Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPS Tentang Membaca Peta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRACT Efforts to Improve Learning Outcomes by Using The Method of Demonstration In The Subjects of Reading Maps IPS Classsroom Action Research Conducted in Class IV Sumuranja 2 Elementary School ImanFirmansyah (2227093083) This research entitled Efforts to Improve Learning Outcomes by Using The Method of Demonstration In The Subjects of Reading Maps IPS This research investigate and describe the relationship between students teaching and learning procces and their daily life, so might improve students achievement on social studies. Subject this research consist of statements of the problem: how to make lesson plan and implement learning using demonstration metode and how learning result after demonstration metode. This research was conducted at Four Grade Sumuranja 2 Elementary School, the subject of the research is four grade students that consists of 36 students. The techniques at the data collecting are evaluation test, interview and observation of teachers and student activity during practicing. The data analysis is analized based on the result of evaluation test, the percentage of activity students and activity students at every cycle. The result of analyses is used to fence at the students achievement using demonstration metode.The students achievement for each cycle are as follows: pra cycle 16 students got scores or 44%, meanwhile 20 student got score or 56%. Fist cycle 25 students got scores or 69%, meanwhile 11 students got, scores lesser than 65 or 31%. Second cycle 31 students got score more than 65 or 86% and 5 students or 14% lesser than 65. Third cycle 34 students got higher score or more than 65 or 94%, meanwhile 2 students got scores than 65 because of often factors. It can be concluded that the Using The method of Demonstration on the material reading maps a positive impact on student understading Elementar y School fourth grade sumuranja 2 Key words: Learning Outcomes, Social Studies, Demontration Method, Elementary School.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041002
Additional Information: ABSTRAK Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPS Tentang Membaca Peta Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas IV SD Negeri Sumuranja 2 Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang ImanFirmansyah (2227093083) Penelitian berjudul upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPS Tentang Membaca Peta ini bertujuan untuk menghubungkan antara dunia belajar dengan kehidupan nyata siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar IPS. Rumusan penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi tentang membaca peta dan (2) bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi tentang membaca peta di kelas IV SD Negeri Sumuranja 2. Alat pengumpulan data berupa tes, lembar observasi aktifitas siswa, lembar wawancara dan lembar observasi aktifitas mengajar guru. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung presentasi hasil tes, presentasi aktifitas siswa dan presentasi observasi aktifitas mengajar guru, setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 36 orang pada setiap siklus adalah sebagai berikut: untuk Prasiklus siswa yang telah memperoleh nilai melebihi KKM (65) hanya 16 orang atau 44% telah mengalami ketuntasan belajar, sedangkan 20 orang atau 56% siswa belum mengalami ketuntasan belajar. Siklus I siswa yang telah memperoleh nilai melebihi KKM (65) hanya 25 orang atau 69% telah mengalami ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa atau 31% belum mengalami ketuntasan belajar. Siklus II siswa yang telah memperoleh nilai melebihi KKM (65) hanya31 orang atau 86% telah mengalami ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang atau 14% belum mengalami ketuntasan belajar. Siklus III siswa yang telah memperoleh nilai melebihi KKM (65) sebanyak 34 orang atau 94% telah mengalami ketuntasan belajar, sedangkan 2 orang atau 6% belum mengalami ketuntasan belajar dikarenakan faktor tertentu sehingga belum mendapatkan nilai maksimal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada materi membaca peta memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Sumuranja 2. Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Metode Demontrasi, Sekolah Dasar.
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Social Studies, Demontration Method, Elementary School. Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Metode Demontrasi, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:56
Last Modified: 11 Nov 2021 10:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item