Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PAUD AL-USPURIAH KABUPATEN PANDEGLANG – BANTEN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Al-Uspuriah Kecamatan Cikedal, Pandeglang Banten)

SURYATI, ADE (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PAUD AL-USPURIAH KABUPATEN PANDEGLANG – BANTEN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Al-Uspuriah Kecamatan Cikedal, Pandeglang Banten). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Upaya mengembangkan kemampuan sains permulaan anak usia 5-6 tahun melalui pendekatan kontekstual di paud al-uspuriah kab. pandeglang banten.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to look and act the beginning of the science capabilities of children aged 5-6 years. This research was conducted in Maret and April 2014 with research subject numbered 10 children in group B aged 5-6 years in early Childhood AlUspuriah Pandeglang. The focus of research is to develop science skills in children aged 5-6 years through a contextual approach. This method used in this research is a method of classroom action research. This research was conducted as many as two Cycle. Each cycle of action procedures that are planning, implementing action, observation and reflection. Indicators measured in this study is the ability to observation and reflection. Indicators measured in this study is the ability to observation, comparing, classifying, measuring, and communicating. The average ability of science beginning in cycle I for 42,20%, and an increase in the II cycle of 68,38%, This shows an increase of 26,18% from cycle or before the given action. Based on the analysis shown an increase in the two cycle, where all items are indicators of the instrument have been achieved with good and there is improvement. Statistically significant difference to an increase in beginning science skill before and after the action has been carried out actions in cycle II. The result show that learning with contextual approach to science is beginning to develop the ability of children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorSuhaya, Suhaya197204132008121001
Additional Information: DE SURYATI iv 2228092784 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan melakukan tindakan kemampuan sains permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2014 dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak pada kelompok B yang berusia 5-6 tahun di PAUD Al-Uspuriah Pandeglang. Fokus penelitian adalah mengembangkan kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun melalui pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah kemampuan mengamati/mengobservasi, membandingkan, klasifikasi, pengukuran dan mengkomunikasikan. Rata-rata kemampuan sains permulaan pada siklus I sebesar 42,20%, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 68,38%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan sebesar 26,18% dari Siklus I atau sebelum diberikan tindakan. Berdasarkan hasil analisis terlihat adanya peningkatan pada siklus II, dimana semua item indikator instrument sudah tercapai dengan baik dan ada peningkatan. Secara statistic terdapat perbedaan yang signifikan adanya peningkatan kemampuan sains permulaan sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat mengembangkan kemampuan sains permulaan anak usia 5-6 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:51
Last Modified: 11 Nov 2021 10:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item View Item