Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI I CIOMAS

Oktavianti, Yanti (2014) UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI I CIOMAS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Ujicoba penggunaan media komik dan media komik tanpa teks terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas VII smp negeri 1 ciomas.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI I CIOMAS oleh Yanti Oktavianti 2222090442 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan yang menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri I Ciomas masih mengalami kesulitan dalam meningkatkan kemampuan berbicara di kelas. Penggunaan media komik serta metode diskusi diharapkan dapat membantu memudahkan siswa dalam mengeluarkan ide/gagasannya dalam bercerita/berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media komik dan media komik tanpa teks, dan untuk menguji keefektifan penggunaan media komik dan media komik tanpa teks dalam pembelajaran berbicara siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Ciomas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (jenis penelitian yang menggunakan rancangan penelitian berdasarkan prosedur statistik atau dengan cara lain dari kuantifikasi untuk mengukur variabel penelitiannya). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ciomas. Penentuan sampel ditetapkan di kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa. Adapun teknik penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Analisis data diadakan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kemampuan berbicara siswa yang menggunakan media komik dan media komik tanpa teks. Dari dua kelas yang terdiri dari 62 siswa yang telah diteliti di peroleh : 1.) Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan media komik tanpa teks terhadap kemampuan berbicara di peroleh nilai rata-rata 66,12. 2.) Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media komik terhadap kemampuan berbicara di peroleh nilai rata-rata 69, 5. Dari data tersebut diketahui terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok, yaitu kelompok 1 (Kelas Kontrol yang menggunakan media komik tanpa teks) dan kelompok 2 (Kelas Eksperimen yang menggunakan media komik). Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil Uji-t yang dilakukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan t hitung adalah 1,91 dan t tabel adalah 1,671. Karena t = 1,91 dan t tabel = 1,671 sehingga t hitung > t tabel maka H iv 0 ditolak dan H 1 diterima. hitung Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran Berbicara dengan menggunakan media komik lebih efektif dibanding dengan pembelajaran berbicara dengan menggunakan media komik tanpa teks. Dengan demikian, penggunaan media komik layak dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa khusunya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:46
Last Modified: 11 Nov 2021 10:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item View Item