DASYO, ANITA MARYATI and Ahmad, Ikhsan and Sagita, Darwis (2015) KOMUNIKASI POLITIK MULYADI JAYABAYA MENJELANG PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI BANTEN 2017. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (ANITA MARYATI DASYO - KOM 2015)
KOMUNIKASI POLITIK MULYADI JAYABAYA MENJELANG PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI BANTEN 2017 - Copy.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Abstract
Anita Maryati Dasyo. NIM. 2110418. Research Paper. Political Communication Mulyadi Jayabaya Banten Governor Election 2017. Advisor I: Ikhsan Ahmad, M.Si., and Advisor II: Darwis Sagita, M.Ikom Mulyadi Jayabaya is a political figure in Banten, he was a businessman and former Regent of Lebak in periods 2003-2008 and 2008-2013, reaching his career became Chairman of Kadin Banten. In the midst of a dynamic political constellation Banten, a way of communicating political a figure is interesting to be explored more deeply. For this study aims to describe how political communication Mulyadi Jayabaya elections Banten Governor 2017. Judging from the figure of Mulyadi Jayabaya, political campaigns were delivered, socialization are used, constituents and constituents. Using the research paradigm of post-positivist and with make Harold D. Laswell model used descriptive qualitative approach to data collection is based on in-depth interviews. Determination of speakers usingtechnique purposivesampling. The results showed that: 1.his figure conducted Mulyadi Jayabaya ahead Pilgub 2017 Banten highly effective in the introduction to the community his figure Banten by doing a lot of activities, like a visit at some university, his nomination as chairman of the DPP PDIP Banten, to be Chairman of Kadin Banten period 2015-2020. 2. In the aspect of political campaigns is seen that Jayabaya able to take advantage of opportunities to fill vacancies in Banten figures, seen from the movement and its existence today that its existence is taken into account based on political communication that were established, evidenced by his position as Chairman of Kadin Banten as logistics force other than the power Its other tissues such as the strength of the families that have a strategic position. 3. Socialization used Mulyadi Jayabaya ahead Pilgub Bantam 2017 is the direct socialization so that persona he himself was the one who tends to appear so that the media itself raised his persona, but it is more directed to the political socialization patron is by some elite representation. 4. In the aspect of constituents and voters tend to be more highlighted Jayabaya entrepreneurs as partisan plus he is a Chairman of the Chamber of Commerce Banten. Keywords: Politics, Political Communication, Political Figures, Mulyadi Jayabaya, Banten Province Governor Election 2017
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Anita Maryati Dasyo. NIM. 2110418. Skripsi. Komunikasi Politik Mulyadi Jayabaya Menjelang Pemilihan Gubernur Provinsi Banten 2017. Pembimbing I : Ikhsan Ahmad, M.Si., dan Pembimbing II : Darwis Sagita, M.Ikom Mulyadi Jayabaya merupakan seorang tokoh politik di Banten, beliau merupakan seorang pengusaha dan mantan Bupati Lebak pada periode 2003-2008 dan 2008-2013 yang merambah karirnya menjadi Ketua Umum Kadin Banten. Di tengah konstalasi politik Banten yang dinamis, sebuah cara dalam berkomunikasi politik seorang tokoh merupakan hal yang menarik untuk ditelaah lebih dalam. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana komunikasi politik Mulyadi Jayabaya menjelang pemilihan Gubernur Provinsi Banten 2017, dilihat dari ketokohan Mulyadi Jayabaya, kampanye politik yang disampaikan, sosialisasi yang yang digunakan, konstituen dan masyarakat pemilihnya. Paradigma penelitian menggunkan post-positivis dan menggunakan model Harold D.Laswell dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan data berdasarkan wawancara mendalam. Penentuan narasumber menggunakan tehnik purposivesampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1.Penokohan yang dilakukan Mulyadi Jayabaya menjelang Pilgub Banten 2017 lebih dalam lagi dalam pengenalan ketokohannya terhadap masyarakat Banten dengan melakukan banyak kegiatan, seperti melakukan kunjungan di beberapa universitas, pencalonannya sebagai ketua DPP PDIP Banten, hingga menjadi Ketua umum Kadin Banten periode 2015-2020. 2. Pada aspek kampanye politik terlihat bahwa Jayabaya mampu memanfaatkan peluang untuk mengisi kekosongan tokoh di Banten, terlihat dari pergerakan dan eksistensinya saat ini yang keberadaan nya cukup diperhitungkan berdasarkan komunikasi politik yang dijalinnya, dibuktikan dengan posisinya sebagai Ketua umum Kadin Banten sebagai kekuatan logistik selain kekuatan lain yang dimilikinya seperti kekuatan jaringan para keluarganya yang memilki posisi strategis.3. Sosialisasi yang digunakan Mulyadi Jayabaya menjelang Pilgub Banten 2017 adalah dengan sosialisasi secara langsung sehingga ketokohan diri beliau lah yang cenderung di munculkan sehingga media dengan sendirinya mengangkat ketokohan beliau, selain itu sosialisasi lebih mengarah kepada politik patron yaitu dengan beberapa elit keterwakilan. 4. Dalam aspek konstituen dan masyarakat pemilih Jayabaya cenderung lebih menyoroti wirausahawan sebagai partisan ditambah beliau merupakan seorang Ketua Umum KADIN Banten. Kata Kunci : Politik, Komunikasi Politik, Tokoh Politik, Mulyadi Jayabaya, Pemilihan Gubernur Provinsi Banten 2017 |
Subjects: | Communication > Public Relations Science Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:11 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:11 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
View Item |