Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA BONEKA KERTAS DAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BOJONG

ARISANDI, DESI (2014) UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA BONEKA KERTAS DAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BOJONG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Uji coba penggunaan media boneka kertas dan media gambar dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK UJI COBA PENGGUNAAN MEDIA BONEKA KERTAS DAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BOJONG Oleh Desi Arisandi 090441 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih lemahnya keterampilan siswa dalam berbicara khusunya bercerita, serta masih kurangnya pemanfaatan media oleh guru, sehingga pelajaran kurang optimal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, Apakah terdapat pengaruh penggunaan media boneka kertas dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong? Kedua, Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong? Ketiga, Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media boneka kertas dan media gambar dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong? Tujuan penelitian ini adalah, pertama, Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media boneka kertas dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong. Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong. Ketiga, Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media boneka kertas dan media gambar dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel penelitian di kelas kontrol berjumlah 33 siswa, dan sampel penelitian di kelas eksperimen berjumlah 33 siswa. Adapun teknik penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes. Teknik pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media boneka kertas mempengaruhi keterampilan bercerita. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata tes baik di kelas kontrol maupun di kelas eksperimen. Adapun nilai rata-rata hasil tes pembelajaran berbicara kelas eksperimen adalah 57,93 dan nilai rata-tara hasil tes keterampilan bercerita adalah 71,2. Sementara itu, nilai rata-rata hasil tes pembelajaran berbicara di kelas kontrol adalah 46,76 dan nilai rata-rata hasil tes keterampilan bercerita adalah 58,7. Berdasarkan perhitungan dengan uji-t di peroleh vi hasil t hitung pembelajaran berbicara adalah 3,36 sedangkan t vii tabel dengan taraf signifikansi 5% dan kepercayaan 5% yang diperoleh melalui perhitungan interpolasi yaitu 1,67. Selain itu, di peroleh juga hasil t hitung tes keterampilan bercerita yaitu 3,55, sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan kepercayaan 5% yang diperoleh melalui perhitungan interpolasi yaitu 1,67. Jadi t hitung > t tabel . Dengan demikian, perbedaan hasil tes pembelajaran berbicara dan tes keterampilan bercerita kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis kerja (Ha) yang dirumuskan adalah Ha:µ1,2 > 0 (Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media boneka kertas dan media gambar dalam pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong). “Ha = nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol” adalah terbukti. Artinya, terdapat pengaruh media boneka kertas untuk digunakan dalam pembelajaran pembelajaran berbicara terhadap keterampilan bercerita di kelas VII SMP Negeri 1 Bojong.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:25
Last Modified: 11 Nov 2021 10:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item