Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH PADA ASPEK KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN SOLEAR KABUPATEN TANGERANG

Dewi, Lisa Agustina and Sjafari, Agus and Nugroho, Kandung Sapto (2012) EVALUASI DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH PADA ASPEK KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN SOLEAR KABUPATEN TANGERANG. Lainnya thesis, FISIP Untirta.

[img]
Preview
Text (Skripsi ANE A)
SKRIPSI_LISA_AGUSTINA_DEWI_6661072772.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Lisa Agustina Dewi. 6661072772. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu PolitikJurusan Ilmu Administrasi Negara. Evaluasi Dampak Pemekaran Wilayah pada aspek Kualitas Pelayanan di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang. Pembimbing I DR. Agus Sjafari,M.Si dan pembimbing II Kandung Sapto Nugroho,S.Sos,M.Si. Fokus penelitian ini adalah Evaluasi Dampak Pemekaran Wilayah pada Aspek Kualitas Pelayanan di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang. Dengan rumusan masalah yaitu Bagaimana dampak pemekaran wilayah pada aspek kualitas pelayanan di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana dampak pemekaran wilayah pada aspek kualitas pelayanan di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini peneliti hanya meneliti satu variabel saja (variabel mandiri), yaitu Kualitas Pelayanan. Variabel indikator kualitas pelayanan menurut Fitrsimmons oleh Sinambela memiliki lima sub variabel yaitu :Reliabilty, Tangibles, Responsiviness, Assurance, Empathy. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling, dari jumlah populasi 75.539 dengan memakai rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 7 persen sehingga didapat jumlah sampel 204 responden masyarakat Kecamatan Solear yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Program SPSS digunakan dalam perhitungan statistik untuk uji validitas yaitu valid tidaknya suatu instrumen, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji t untuk menguji hipotesis. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan metode kotelasi Product Moment, hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang menunjukan angka 72,58 persen. Dengan nilai t yang ditemukan sebesar 2,907. Dengan demikian dari hasil penelitian, kualitas pelayanan publik di Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik dan mencapai angka yaitu 72,58 persen dari nilai ideal yaitu 100 persen. Saran peneliti adalah dengan membuat Standar Operasional Pelayanan sehingga masyarakat lebih jelas dengan jangka waktu penyelesaian pelayanan, mekanisme pelayanan, dan lainlain. Kata Kunci : Evaluasi, Kualitas, Pelayanan

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Lisa Agustina Dewi. 6661072772. Faculty of Politics and Social Sciences, Public Administration Department. The Impact Evaluation of Regional Expantion on Service Quality in Solear, Tangerang Regency. 1st advisor is DR. Agus Syafari, M.Si and 2nd advisor is KandungSaptoNugroho, S.Sos, M.Si. This research focused on the Impact Evaluation of Regional Expantion on Service Quality in Solear, Tangerang Regency. The formulation of problem is how Expantion on Service Quality in Solear, Tangerang Regency. This research aims to find out What is The Impact Evaluation of Regional Expantion on Service Quality in Solear, Tangerang Regency. This research only accurate one variable that is Quality of Service. By using the indicator variables of Quality service on Fitzsimons Theories that are Reliability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, and Empathy. Methods use in this research is quantitative and taking 204 respondents from 75.539 population using The Slovin formulas by 7 percent sampling error. The techniques to complete data to use to questioners, observation, interview, and documentation. SPSS program used in the statisticalcalculations to test the validity of which is valid whether or not an instrument, test reliability, test for normality, and the t test to test the hypothesis. The technique to analysis data, methods use is correlation of Product Moment. The result of calculation is Service Quality in Solear, Tangerang Regency showed that 72,58 percent. The result of calculation showed t-count is 2,907. So the result of this research is Service quality in Solear, Tangerang Regency can be said to have gone well and reached the value is 72,58 percent of the ideal value of 100 percent. Recommendation from this research is making the Operational Standart of the service in order to make an exptonation about steps of service procedur. Keywords: Evaluation, Quality, Service
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Dec 2012 03:38
Last Modified: 02 May 2013 03:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item