Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Realitas Film Jokowi Sebagai Media Kampanye Politik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Andriana, Rangga and Widyaningtyas, Mia Dwiana and Praceka, Puspita Asri (2015) Realitas Film Jokowi Sebagai Media Kampanye Politik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Rangga Andriana - KOM 2015)
(6662103145) Rangga Andriana - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rangga Andriana. NIM. 6662103245. Skripsi. Realitas Film Jokowi Sebagai Media Kampanye Politik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Pembimbing I: Mia Dwianna, S.Sos, M.Ikom dan Pembimbing II: Puspita Asri Praceka, S.Sos, M.Ikom Film mempunyai kemampuan untuk memberikan tekanan kepada masyarakat dan juga pemerintah mengenai sebuah realitas yang saat itu diangkat oleh sutradara. Film Jokowi adalah penggambaran realitas perjalanan hidup ketika Joko Widodo kecil hingga dewasa, namun peneliti melihat bahwa film ini juga digunakan sebagai media kampanye politik Jokowi. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana tanda, objek, interpretant dan realitas film Jokowi sebagai media kampanye politik. Penelitian ini menggunakan paradigm interpretif dan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan metode yang digunakan dalam menafsirkan makna adalah metode analisis semiotika model tiga unsur makna Charles Sanders Peirce yaitu Sign/tanda, objek, dan intrepetant. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidak langsung yaitu mengamati Film Jokowi dan melakukan wawancara kepada informan untuk menguatkan hasil interpretasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa fenomena dalam film ini mempunyai makna sign, objek dan intrepetant yang saling berhubungan satu sama lain dalam proses konstruksi realitas dalam film Jokowi. Selain itu fenomena Realitas film ini termasuk kedalam kegiatan kampanye politik, karena film tersebut membangun citra yang ingin ditanamkan dalam alam bawah sadar masyarakat menaruh simpati dan berprilaku sebagaimana yang diharapkan dalam kegiatan politik yaitu mendukung Jokowi. Film ini muncul bukan sebagai refleksi dari tokoh dan apresiasi dalam kehidupan seorang tokoh politik, tetapi film ini sengaja didesain sebagai media kampanye politik. Kata Kunci: Realitas, Film, Semiotika, Peirce, Kampanye Politik, Interpretif

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Rangga Andriana. NIM. 6662103245. Undergraduate Thesis. Reality Film Jokowi As Political Campaign Media (Semiotics Analysis of Charles Sanders Peirce) Advisor I: Mia Dwianna, S.Sos, M.Ikom and Advisor II: Puspita Asri Praceka, S.Sos, M.Ikom Film has the ability to exert pressure on the community and the government regarding a reality when it was appointed by the director. Jokowi movie is a depiction of the reality of life's journey when Joko Widodo childhood to adulthood, but researchers noticed that the film is also used as a medium for political campaigns Jokowi. This study aims to see how the sign, object, interpretant and the reality of the film as a medium Jokowi political campaigns. This study uses an interpretive paradigm and phenomenological qualitative approach to the method used in interpreting the meaning is the method of semiotic analysis model of the three elements, namely the meaning of Charles Sanders Peirce Sign / signs, objects, and intrepetant. Data collection techniques using indirect observation of observing Film Jokowi and conducted interviews to informants to corroborate the results of data interpretation. Results of the study revealed that the phenomenon in this film has meaning sign, object and intrepetant are interconnected to one another in the process of construction of reality in the film Jokowi. Besides the phenomenon of reality this film included into the activities of a political campaign, because the film that wants to build the image embedded in the subconscious of society sympathetic and behave as expected in political activities that support Jokowi. This film appears not as a reflection of the character and appreciation of the life of a political figure, but the film is deliberately designed as a medium for political campaigns. Keywords: Reality, Movie, Semiotics, Peirce, Political Campaign
Subjects: Communication > Science Journalism
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:21
Last Modified: 19 Nov 2021 16:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item