Rafifah Husniyah, Lulu (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Tangerang (Koridor 4 Rute cadas-M1 Bandara Soekarno-Hatta). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Fulltext)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_02.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_03.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_04.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_05.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 6)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_06.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text (Lampiran Skripsi)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
![]() |
Text (Dokumen hasil cek plagiasi)
Lulu Rafifah Husniyah_3336210059_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Di wilayah perkotaan seperti Kota Tangerang, transportasi yang efisien dan nyaman sangat dibutuhkan untuk mengatasi kemacetan dan polusi. Salah satu solusinya adalah layanan Bus Rapid Transit (BRT), yang dipilih masyarakat berdasarkan ketersediaan dan kualitas pelayanannya. Pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan dan mendorong peralihan dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sehingga diperlukan analisis tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik penumpang Bus Rapid Transit Koridor 4 (rute Cadas–M1 Bandara Soekarno-Hatta) serta tingkat kepuasan pengguna terhadap pelayanan BRT agar pengelolaan layanan bisa lebih tepat sasaran dengan metode servqual dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna BRT adalah perempuan berusia 20–30 tahun, berpendidikan SMA/sederajat, dan memiliki penghasilan di bawah Rp500.000. Mereka menggunakan BRT karena dianggap lebih hemat, dengan frekuensi 4–6 kali dalam seminggu, terutama saat hari kerja. Berdasarkan analisis SERVQUAL, tingkat kepuasan pengguna terhadap pelayanan BRT mencapai 89,96% dari harapan mereka. Meskipun masih terdapat gap antara harapan dan kenyataan, pelayanan secara umum dinilai sudah cukup baik. Dimensi reliability yang memuaskan dengan tingkat kepuasan sebesar 92,27%, sedangkan responsiveness menunjukkan nilai kepuasan paling rendah dengan tingkat kepuasan 88,44%. Melalui analisis SWOT, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengelola BRT agar lebih fokus pada peningkatan ketanggapan petugas, perawatan fasilitas, dukungan kebijakan pemerintah, serta pemanfaatan teknologi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pengguna, BRT Kota Tangerang, SERVQUAL, SWOT | |||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | lulu rafifah husniyah | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:29 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/52832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |