Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Audit Komunikasi Program CSR PT PLN (Persero) “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku”

Noviagustin, Mutia Anggraini and Widyaningtyas, Mia Dwiana and Nurjuman, Husnan (2015) Audit Komunikasi Program CSR PT PLN (Persero) “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku”. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Mutia Anggraini Noviagustin - KOM 2015)
Audit Komunikasi Program CSR PT PLN (Persero) Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku - Copy.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Mutia Anggraini Noviagustin. NIM. 6662110625. Skripsi. Audit Komunikasi Program CSR PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku” Peraturan Menteri Negara BUMN : Per-05/MBU/2007 pasal 1 ayat (6) , mengharuskan perusahaan terutama perusahaan pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Namun di dalam pelaksanaan kegiatan CSR atau biasa disebut Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dalam BUMN masih banyak hal yang perlu untuk di evaluasi, mengingat masih adanya ketidak sesuaian antara hal-hal yang telah dirancang tahap awal sebagai proses perencanaan, maupun ketika proses pelaksanaan program di lapangan dan juga hasil akhir yang diharapkan. Untuk mengetahui apakah aktifitas PKBL berjalan sesuai perencanaan atau tidak, diperlukan audit komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program CSR PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya Dan Tangerang “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku” ditinjau dari perencanaan program, pelaksanaan program dan hasil akhir program. Penelitian ini juga bertolak dari model audit komunikasi linking a public relations planning model with an evaluation model yang dikembangkan oleh Jim Prichitt dan Bill Sherman. Model ini terdiri dari tiga tahapan dalam melaksanakan evaluasi, yang pertama adalah perencanaan yang menghasilkan input, pelaksanaan yang menghasilkan output, dan yang ketiga adalah hasil akhir menghasilkan outcome. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa audit komunikasi Program CSR PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku” pada tahap input konsep kegiatan terencana dengan baik, namun pemahaman pelaksana program belum sejalan dengan data dokumentasi yang sudah direncanakan sebelumnya; dalam tahap output pelaksanaan lancar terlihat dari tujuan program yang tercapai walaupun masih ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan; dan pada tahap outcome ditemukan bahwa tujuan besar program yang diharapkan tercapai, walaupun masih ada yang belum bisa merasakan manfaat dari program ini. Kata Kunci : Audit Komunikasi, CSR, Teori Weick dalam Pengorganisasian

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Mutia Anggraini Noviagustin. NIM. 6662110625. Thesis. Communication Audit Corporate Social Responsibility of PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku” Ministrial Regulation for State-Owned Enterprise : Per-05/MBU/2007 article 1 clause (6) requires companies mainly corporate government and State-Owned Enterprises to implement corporate social responsibility. In fact, the implementation of CSR activity or PKBL in State-Owned Enterprises need to be evaluated. Because, there is miss between preparation, implementation and the impact of the program. The objective of this research was to investigate the implementation CSR of PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku”. This research is departed from the lingking a public relations planning model with an evaluation model that is developed by Jim Prichitt and Bill Sherman. It explains that three stage on communication audit, first is planning generate to input, implementation generate to output, and the final results is generate to outcomes. The research method in this research is evaluative method with qualitative approach and this technique used purposive sampling. The technique of collecting data in this research are interview, observation and documentations. Result and conclusion this research about communication audit corporate social responsibility of PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang “Sahabat PLN Indahnya Kampungku, Tertibnya Listrikku”, on input stage have a good preparations, however there is a misscomunication between practitioner and documentation; output stage, implementation of the program was running good showed by the expectations of this program was reached, however there are some problem be discovered; and the outcome stages the expectations of this program was reached, although there are people who can’t feel the benefits of program. Keywords : Communication Audit, Corporate Social Responsibility, Weick’s Theory of Organizing
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:06
Last Modified: 20 Jul 2016 07:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item