Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF: PENDEKATAN YANG BERORIENTASI PERKEMBANGAN DAN PREVENTIF

Afiati, Evi (2017) BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF: PENDEKATAN YANG BERORIENTASI PERKEMBANGAN DAN PREVENTIF. Prosiding: Sekolah Ramah Anak. Seminar Nasional PENDASAUD UPI. pp. 22-33.

[img] Text
Evi Afiati.pdf - Published Version

Download (655kB)

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling di sekolah menempati posisi strategis dalam membantu pencapaian tugas perkembangan anak. Oleh karenanya, strategi dalam pelayanan harus terus dikembangkan sebagai sebuah inovasi pendidikan khususnya dalam layanan bimbingan dan konseling. Depdiknas (2007: 194) merumuskan bahwa pada saat ini telah terjadi perubahan paradigma pendekatan bimbingan dan konseling, yaitu dari pendekatan yang berorientasi tradisional, remedial, klinis, dan terpusat pada konselor, kepada pendekatan yang berorientasi perkembangan dan preventif. Pendekatan bimbingan dan konseling perkembangan (Developmental Guidance and counseling) atau bimbingan dan konseling komprehensif (Comprehensive Guidance and Counseling) didasarkan pada upaya pencapaian tugas perkembangan, pengembangan potensi, dan pengentasan masalah-masalah anak didik. Tugas-tugas perkembangan dirumuskan sebagai standar kompetensi yang harus dicapai anak didik, sehingga pendekatan ini disebut juga bimbingan dan konseling berbasis standar (Standard Based Guidance and Counseling). Program layanan bimbingan dan konseling komprehensif memiliki kelebihan dibanding dengan pola lama. Kelebihan itu salah satunya adalah program layanan bimbingan dan konseling komprehensif bersifat sistemik, bukan sekedar program yang sistematis. Program bimbingan dan konseling yang sistematis adalah program pelaksanaannya sesuai dengan rencana, tertata baik sejak perencanaan, pendataan, implementasi dan evaluasi. Sementara sifat sistemik program bimbingan dan konseling komprehensif nampak pada beberapa hal seperti, penyusunan program bimbingan dan konseling diawali dengan needs assesment, layanan bimbingan dan konseling menjangkau seluruh peserta didik, program bimbingan dan konseling melibatkan kolaborasi antar staf maupun profesi dalam satuan pendidikan, serta evaluasi yang dilakukan mencakup tiga jenis evaluasi yaitu evaluasi kinerja konselor (counselor perfomance evaluation), evaluasi program dan evaluasi hasil (result evaluation).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Dr. Evi Afiati
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:02
Last Modified: 22 Nov 2021 13:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item