Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN INTEGRASI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN MODEL KANO DI CAFE GUE CILEGON

YUNIKASARI, CHIKA (2020) PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN INTEGRASI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN MODEL KANO DI CAFE GUE CILEGON. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL SKRIPSI CHIKA YUNIKASARI (3333160076).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan bisnis restoran dan kedai kopi di Indonesia sedang berkembang dengan sangat cepat. Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan produk atau jasa yang lebih bernilai. Cafe gue merupakan sebuah usaha dibidang kuliner yang berada di Kota Cilegon yang mempertahankan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada Cafe Gue. Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Terdapat 23 atribut dalam penelitian ini dengan menggunakan lima dimensi servqual (tangible, responsiviness, reliability, empaty dan assurance), kemudian disebar kepada konsumen Cafe Gue yang pernah berkunjung minimal dua kali melalui kuesioner dengan menggunakan google form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan integrasi IPA dan Model Kano. Dari integrasi kedua metode tersebut dapat diketahu atribut pelayanan apa saja yang perlu mendapatkan prioritas untuk ditingkatkan. Hasil penelitian ini menemukan dari 23 atribut terdapat 5 atribut yang perlu ditingkatkan, 7 atribut yang harus dipertahankan, 8 atribut yang masih seimbang antara kinerja dengan kepentingan konsumen dan 3 atribut yang kinerja lebih tinggi dari kepentingan konsumen. Dari hasil integrasi tersebut diketahui bahwa atribut yang perlu mendapatkan prioritas untuk ditingkatkan adalah kecepatan dalam pelayanan dan penyajian dengan nilai tingkat kepentingan sebesar 4,51.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFebianti, EviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IPA, Kualitas Pelayanan, Model Kano, Servqual
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:28
Last Modified: 18 Jul 2025 06:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/52077

Actions (login required)

View Item View Item